KPK Tetapkan Wali Kota Bandung Yana Mulyana Jadi Tersangka, Terima Suap Pelesiran

  • Arry
  • 16 Apr 2023 10:48
Wali Kota Bandung Yana Mulyana terjaring OTT KPK(Pemkot Bandung/bandung.go.id)

KPK menetapkan Wali Kota Bandung Yana Mulyana sebagai tersangka. Dia diduga menerima suap terkait proyek CCTV dan penyedia jaringan internet dalam program bandung Smart City.

Selain Yana Mulyana, KPK juga menetapkan lima orang lainnya sebagai tersangka. Mereka adalah:

  • Penerima Suap:
    1. Yana Mulyana (YN), Walkot Bandung
    2. Dadang Darmawan (DD), Kadishub Pemkot Bandung
    3. Khairul Rijal (KR), Sekretaris Dishub Pemkot Bandung
  • Pemberi Suap:
    4. Benny (BN), Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA)
    5. Sony Setiadi (SS), CEO PT itra Jelajah Informatika (CIFO)
    6. Andreas Guntoro (AG), Manajer PT Sarana Mitra Adiguna (SMA)

"Ada 6 orang yang ditetapkan tersangka dalam perkara dugaan korupsi yang tadi pagi kami umumkan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Minggu, 16 April 2023.

Baca juga
Kena OTT KPK, Ini Harta Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Yana Mulyana, Dadang Darmawan, dan Khairul Rijal dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU 31/1999 juncto 2021 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Sementara Benny, Sony Setiadi, dan Andreas Guntoro dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 UU 31/1999 juncto 2021 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan, Wali Kota Bandung dan Kadishub Bandung Dadang Darmawan diduga menerima suap pengadaan CCTV dan penyedia jasa internet pada program Bandung Smart City. Selain itu, mereka juga menerima suap berupa fasilitas liburan ke Thailand bersama keluarga.

Baca juga
KPK Tangkap 9 Orang dalam OTT Wali Kota Bandung, Uang Suap Disebut Untuk THR

"Sekitar Januari 2023, YM bersama keluarga, DD dan KR (Khairul Rijal) juga menerima fasilitas ke Thailand dengan menggunakan anggaran milik PT SMA (Sarana Mitra Adiguna)," kata Ghufron.

Tak hanya itu, Yana Mulyana juga menerima uang untuk membeli sepatu dengan merek Louis Vuitton dari PT SMA. Perusahaan tersebut merupakan pemenang proyek penyedia layanan CCTV dan internet dalam program bandung Smart City.

"DD selaku Kepada Dinas Perhubungan Pemkot Bandung juga menerima uang dari AG (Andreas Guntoro, manajer PT SMA) melalui KR (Khairul Rijal) karena memerintahkan melakukan pengubahan termin pembayaran kontrak pekerjaan ISP senilai Rp 2,5 miliar dari 3 termin menjadi 4 termin dan setelahnya disepakati adanya pemberian uang untuk persiapan menyambut lebaran ditahun ini," jelasnya.

Artikel lainnya: Spesies Katak Unik Ditemukan di Papua Nugini, Bisa Menyamar Jadi Kotoran Burung

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait