Penumpang Batik Air Klaim Koper Dibobol, Ini Tanggapan Maskapai dan Kronologinya

  • Arry
  • 18 Apr 2023 16:55
Maskapai Batik Air(batik air/batikair.com)

Viral di media sosial terkait pembobolan koper penumpang pesawat maskapai Batik Air rute Singapura-Jakarta. Penumpang tersebut mengaku kopernya dibobol hingga menyebabkan ponsel dan sejumlah barang bawaannya hilang.

Maskapai Batik Air buka suara terkait peristiwa yang viral tersebut. Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan, pihak Maskapai tengah menyelidiki kasus tersebut.

"Segala bentuk keluhan yang disampaikan oleh penumpang, Batik Air tetap melakukan proses penyelidikan (investigasi)," kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 18 April 2023.

Danang menegaskan, Batik Air hanya akan bertanggung jawab atas bawaan penumpang selama periode pengangkutan dari awal penerbangan sampai dengan barang bawaan diserahkan kepada tamu di bandar udara tujuan atau diterima oleh pihak yang berwenang di bandar udara tujuan.

Baca juga
Usai Batik Air, Kaesang Pangarep Kini Dikecewakan Lion Air

"Setelah penumpang meninggalkan bandar udara dan menerima bagasinya, maka tanggung jawab maskapai penerbangan atas bagasi tersebut berakhir," kata Danang.

Menurutnya, keluhan tamu terkait kehilangan atau kerusakan bagasi setelah penumpang keluar bandara adalah tidak berlaku. Danang juga menegaskan, berdasar ketentuan, barang berharga seharusnya disimpan di bagasi kabun dan tidak diletakkan di bagasi tercatat.

"Batik Air selalu memperhatikan setiap masukan (saran dan keluhan) yang disampaikan oleh setiap tamu, untuk menentukan langkah-langkah yang tepat," kata Danang.

Danang pun menjelaskan kronologi peristiwa koper penumpang dibobol.

Baca juga
Cerita Ari Lasso Ditinggal Batik Air dan Terdampar di Singapura: Rugi Besar

Selasa, 11 April 2023

Peristiwa bermula pada Selasa, 11 April 2023 pukul 12:13 WIB. Saat itu Batik Air penerbangan nomor ID-7154 mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dari Singapura.

Selanjutnya pada pukul 12:40 WIB, penumpang atas nama inisial BL melapor ke bagian Lost and Found Terminal 2F bahwa kehilangan gembok koper.

Kemudian pada pukul 12:45 WIB, dilakukan pengecekan isi koper secara teliti dan disaksikan bersama petugas. Menurut pengakuan tamu tersebut, tidak ada barang yang hilang dari koper.

Namun pada pukul 20:00 WIB, melalui pesan singkat (WhatsApp) tamu dimaksud menyampaikan kehilangan 1 (satu) handphone di dalam koper. Dalam hal ini, keluhan disampaikan setelah tamu meninggalkan bandar udara.

Baca juga
Pesawat Batik Air Rem Mendadak Sebelum Take Off di Bandara Soeta, Ini Kronologinya

Kamis, 13 April 2023

Selanjutnya pada Kamis, 13 April 2023 pukul 17:00 WIB, BL kembali datang ke bagian Lost and Found Terminal 2F Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Dia kembali melaporkan mengenai barangnya yang hilang.

Senin, 17 April 2023

Pada Senin, 17 April 2023 pukul 09:28 WIB, BL kembali menyampaikan keluhan melalui pesan singkat (WhatsApp). Kali ini dia melaporkan bahwa juga kehilangan 2 (dua) syal di dalam koper.

Artikel lainnya: Saldo e-Toll Habis di Jalan, Ikuti 4 Langkah Berikut Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait