Peringatan Dini Tsunami Dicabut, BMKG Ungkap Penyebab Gempa Besar M7,3 di Mentawai

  • Arry
  • 25 Apr 2023 06:47
BMKG(bmkg/bmkg.goo.id)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG resmi mencabut peringatan dini tsunami usai gempa besar di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir," tulis keterangan BMKG, Selasa, 25 April 2023.

BMKG menjelaskan penyebab gempa Magnitudo 7,3 di Kepulauan Mentawai. Gempa terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dengan lokasi di laut pada jarak 177 Km baratlaut Kepulauan Mentawai Sumatera Barat pada kedalaman 23 km.

"Daerah yang berpotensi terdampak tsunami dengan status Waspada di daerah Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis yang diterima Newscast.id.

Baca juga
Ini Wilayah yang Terancam Diterjang Gelombang Tsunami Usai Gempa M 7,3 Mentawai

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa Gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," jelasnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Siberut, Mentawai dengan skala intensitas VI MMI (Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan), daerah Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam dan Padang dengan skala intensitas V MMI.

Menurut Daryono, hingga pukul 04.00 WIB, terjadi lima gempa susulan dengan magnitudo terbesar Magnitudo 4,6.

Baca juga
Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Kepulauan Mentawai, BMKG: Waspada Tsunami

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," jelas Daryono.

Artikel lainnya: Istri Virgoun Putra Tambunan Ungkap Perselingkuhan, Ini Isi Surat Pengakuan Suami

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait