Gibran Tak Kena Sanksi PDIP Usai Bertemu Prabowo, Cuma Dinasihati

  • Arry
  • 23 Mei 2023 06:05
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (menunduk) saat dipanggil menghadap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto(pdip/pdip)

Gibran Rakabuming tidak dijatuhi sanksi oleh PDI Perjuangan usai bertemu dengan Prabowo Subianto. Dalam pertemuan itu dihadiri pula relawan Jokowi Gibran yang akhirnya memutuskan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menjelaskan, partai sudah mendapatkan penjelasan dari Gibran terkait pertemuan dengan Prabowo di Solo pada 19 Mei 2023.

"Beberapa hari ini muncul berbagai berita yang kemudian Mas Gibran memberikan penjelasan kepada DPP PDIP. Saya bersama dengan Pak Komarudin Watubun dan penjelasan sudah dapat disampaikan dengan sangat baik oleh mas Gibran," kata Hasto di Jakarta, Senin, 22 Mei 2023.

"Karena selain sebagai kader partai, beliau ini juga sebagai wali kota Solo yang memang suka atau tidak suka, Solo itu memang menjadi kandang banteng PDIP, juga sekaligus bagian dari episentrum politik nasional kita," ujarnya.

Baca juga
Usai Bertemu Prabowo Ditemani Relawan Jokowi, Gibran Dipanggil PDIP

"Sehingga, sebagai wali kota, beliau banyak menerima tamu-tamu di tingkat nasional, apalagi Solo ini makanannya juga luar biasa, kulinernya juga luar biasa," lanjutnya.

Menurut Hasto, PDIP sudah menyampaikan pesan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri agar Gibran mengantisipasi manuver jelang Pilpres 2024.

Atas dasar itu, lanjut Hasto, Gibran tak diberikan sanksi terkait pertemuan tersebut. Partai hanya memberikan nasihat kepada putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.

Baca juga
Gibran Cuit Soal Piala Dunia U-20, Kaesang Balas Kirim Meme Lisa Blackpink

"Sudah diberikan nasihat-nasihat. Kita ini kan partai gotong royong. Partai musyawarah. Di situ berbeda, tadi pak Komar, memberikan penjelasan, kalau sudah senior partai kemudian tidak memahami perintah ibu ketua umum, kebijakan partai itu lain persoalan," tutur Hasto.

"Ini kan kapasitas Mas Gibran sebagai wali kota dan tidak bisa dilupakan beliau juga anak dari Presiden Jokowi. Sehingga banyak yang kemudian mencoba menggunakan posisi itu sebagai cara di dalam me-leverage di dalam kepentingan kepentingan politiknya," ucapnya.

"Dan ketika saya cerita ke Ibu (Megawati) dan ibu memahami berbagai dinamika politik seperti itu," kata Hasto.

Artikel lainnya: Heboh Video 47 Detik Becca, Penyebarnya Diduga Mantan Pacar Rebecca Klopper

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait