Heboh Lampu Aula Masjid Istiqlal Kayak Lampu Disko, Ini Penjelasannya

  • Arry
  • 12 Sep 2021 12:04
Masjid Istiqlal(@Fuzz/pixabay.com)

Sebuah video yang berisi ruang utama Masjid Istiqlal mirip diskotik sedang viral di media sosial. Tampak lampu-lampu di ruang utama Istiqlal itu berkelap kelip warna warni layaknya sebuah diskotik.

Dalam video yang beredar, tampak sejumlah warga tengah berfoto-foto di ruang ibadah utama masjid. Saat itu, lampu di atas ruang utama berubah-ubah warna secara bergantian.

Netizen langsung ramai di sosial media mengritisi Masjid Istiqlal yang pada Januari 2021 baru selesai direnovasi ini. Mereka menilai, lampu di ruang utama Masjid Istiqlal lebih mirip lampu disko di ruang diskotek dibanding lampu masjid.

Pihak Masjid Istiqlal pun langsung membantah tudingan tersebut. Wakil Ketua Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menjelaskan, lampu itu merupakan bagian dari teknologi baru yang disematkan saat revitalisasi masjid. Namun pengurus tidak terlalu paham soal teknologi tersebut.

"Kalau kami enggak ngerti masalah teknologinya. Yang jelas yang kami tahu listriknya ramah lingkungan, watt-nya kecil, nyalain dan matiin pakai aplikasi, yang pasti lebih indah," kata Abu Hurairah, saat dikonfirmasi.

Menurut Abu Hurairah, persoalan tersebut bisa ditanyakan langsung ke PT Waskita Karya yang mengerjakan proyek revitalisasi Masjid Istiqlal.

"Kalau mau jelasnya tanya Waskita Karya yang punya proyek ya," tambah dia.

Teknologi Baru Pencahayaan di Istiqlal

Proyek pengerjaan lampu di Masjid Istiqlal dikerjakan oleh Signify (Euronext: LIGHT). Dikutip dari laman resmi Signify, disebutkan, teknologi lampu di Istiqlal akan membuat masjid menjadi lebih indah dan megah.

Signify menjelaskan, konsep pencahayaan dalam ruangan di aula sholat utama memberikan pengalaman unik bagi jamaah, dengan pencahayaan arsitektural dinamis UniStrip G4 RGBW, yang menerangi aula dengan suhu warna berbeda untuk merepresentasikan sinar matahari alami (putih pada siang hari dan kuning menjelang senja).

"Pencahayaan ini menciptakan ilusi beribadah di bawah langit terbuka dan mengubah pemandangan mengikuti waktu sholat. Hal ini bisa membantu menambah kekhidmatan saat beribadah," jelas Signify.

Pada kubah utama, Signify memasang rangkaian lampu sorot LED eksterior jarak jauh Color Kinetics ReachElite dilengkapi dengan teknologi IntelliHue, yang merupakan pendekatan canggih Color Kinetics untuk memadukan warna, menghasilkan cahaya putih berkualitas tinggi yang cerdas dan sangat akurat, warna pastel lembut, hingga warna yang sepenuhnya tersaturasi dalam sebuah luminer yang dapat dikontrol secara tepat.

Dengan teknologi ini, pencahayaan dinamis pada kubah Istiqlal dapat merepresentasikan fenomena alami seperti bulan purnama dan fenomena super-blue blood moon.

Teknologi baru Masjid Istiqlal

Sementara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjelaskan, Istiqlal kini memiliki teknologi pintar tata cahaya terbaru yang disebut smart lighting. Ribuan lampu di Masjid Istiqlal diberikan IP Address yang masing-masingnya mengendalikan 20 lampu.

Settingan lampu lalu diatur melalui aplikasi Pharos dari smartphone yang khusus dipegang pengelola Masjid Istiqlal. Berkat teknologi ini, Masjid Istiqlal kini terlihat semakin indah dan nyaman untuk beribadah.

Mengenai lampu yang berwarna warni, seorang desainer lampu, menjelaskan, hal itu merupakan bagian dari proses uji coba lampu.

"halo teman-teman mutuals yg liat ini.. mungkin bisa bantu meluruskan ya. Ini video internal tim installator lampu saat lamp & controller checking. trus kenapa rgb? ini chip checking, utk ngecek apakah pas control dynamic lighting berfungsi baik atau ngga," tulis @_nichtglauben di Twitter.

Viral Lampu Masjid Istiqlal Warna Warni

"laluuu kenapa rgb itu karena skema warna di interior Istiqlal adalah utk mengikuti warna sinar matahari, dari pagi hingga petang (circadian rhythm). bisa dicek di google ya utk circadian rhythm-nya. GAADA sama sekali skema warna RGB warna-warni kaya diskotik gitu yaa," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait