Kemenkeu Klarifikasi, Tagihan Rp775 M Bukan ke Jusuf Hamka tapi Utang Tutut Soeharto

  • Arry
  • 14 Jun 2023 12:59
Putri mantan Presiden Soeharto, Siti Hardijanti Rukmana alias Mbak Tutut(ist/ist)

Kementerian Keuangan memberikan klarifikasi terkait utang Rp775 miliar yang disebut terkait dengan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) milik Jusuf Hamka.

Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu, Rionald Silaban, menjelaskan, utang Rp775 miliar sebenarnya milik PT Citra Lamtoro Gung Persada. Perusahaan itu terafiliasi dengan Siti Hardijanti Rukmana alias Mbak Tutut, putri mantan Presiden Soeharto.

"Waktu saya bilang grup Citra itu, itu Grup Citra yang namanya Citra Lamtoro Gung. Urusan saya itu masih ada di Grup Citra yang saya tagih, itu berbeda dengan CMNP," kata Rionald di Jakarta, Selasa, 13 Juni 2023.

Menurut Rionald, saat ini pemerintah pun terus menagih utang itu ke PT Citra Lamtoro Gung Persada. Tak hanya itu pemerintah juga langsung menagihnya ke Mbak Tutut.

"Kami terus tagih yang tiga grup Citra. Mbak Tututnya kan kita panggil," ujarnya.

Baca juga
Jubir Sri Mulyani Ungkap Utang Terkait PT CMNP Rp775 M

Saat ditegaskan, apakah utang Rp775 miliar PT Citra Lamtoro Gung Persada terkait dengan Jusuf Hamka, Rionald enggan berkomentar. "Soal kepemilikan bisa lihat, di soal kepemilikan," singkatnya.

Untuk diketahui, persoalan ini bermula saat Jusuf Hamka menagih utang Rp800 miliar ke negara terhadap PT CMNP.

Juru Bicara Kementerian Keuangan, Yustinus Prastowo, mengungkapkan utang Rp775 miliar itu milik tiga perusahaan yang terafiliasi dengan PT CMNP milik Jusuf Hamka.

"Tiga perusahaan Bu Tutut yang lain punya utang ke bank, berbagai bank, BLBI. Jadi yang kita lihat kondisi pada saat itu. Saat terjadinya pinjaman, pada 1998 itu," kata Yustinus.

Artikel lainnya: Saksi: Shane Lukas Main Gitar, Mario Dandy dan AG Bermesraan di Kantor Polisi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait