Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Hancur Berkeping, 5 Penumpang Miliarder Tewas

  • Arry
  • 23 Jun 2023 07:47
Kapal Selam Wisata Titanic yang hilang di Newfoundland(@TheBrianMcManus/twitter)

Tim penyelamat akhirnya menemukan kapal selam wisata Titanic yang hilang. Kondisinya hancur berkeping-keping. Lima penumpang yang merupakan miliarder dipastikan tewas.

Hal tersebut disampaikan Penjaga Pantai Amerika Serikat atau US Coast Guard pada Kamis, 22 Juni 2023 waktu setempat. Dengan temuan ini, upaya pencarian kapal selam wisata Titanic yang dilakukan sejak 18 Juni dihentikan.

Mengutip Reuters, Laksamana Muda Penjaga Pantai AS, John Mauger, menyatakan, kapal selam wobot yang dikerahkan dari kapal Kanada menemukan puing-puing kapal selam Titan.

Lokasinya berada 1.600 kaki (488 meter) dari Haluan Titanic, 2,5 mil (4 km) di bawah permukaan, di sudut terpencil Atlantik Utara.

Baca juga
Fakta Hilangnya Kapal Selam Wisata Titanic: Kronologi Hingga Kendala Pencarian

John Mauger mengungkapkan, lima fragmen utama Titan berukuran 22 kaki (6,7 meter) ditemukan dalam bentuk puing-puing. Temuan kerucut ekor kapal yang menjadi ciri khas dari kapal Titan itu makin menguatkan bukti. Namun tidak disebutkan apakah ada sisa-sisa jasad manusia yang terlihat.

"Bidang puing-puing di sini konsisten dengan (hasil atau akibat) ledakan dahsyat kapal," kata Mauger.

OceanGate, selaku operator kapal selam wisata Titanic, menyatakan, tidak ada yang selamat di antara lima orang yang berada di dalam Titan, termasuk pendiri dan kepala eksekutif perusahaan, Stockton Rush, yang mengemudikan kapal selam itu.

Empat penumpang lainnya adalah miliarder dan penjelajah Inggris, Hamish Harding (58); pengusaha kelahiran Pakistan, Shahzada Dawood (48), dan putranya Suleman (19), keduanya berkewarganegaraan Inggris; dan ahli kelautan ePrancis dan pakar Titanic terkenal, Paul-Henri Nargeolet (77), yang telah mengunjungi bangkai kapal tersebut puluhan kali.

"Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang berbeda, dan hasrat yang mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia," kata perusahaan tersebut.

"Hati kami bersama lima jiwa ini dan setiap anggota keluarga mereka selama masa yang tragis ini," tambahnya.

Kapal selam wisata Titanic bernama Titan dioperasikan oleh perusahaan OceanGate Expeditions asal Amerika Serikat. Kapal selam ini dinyatakan hilang pada Minggu, 18 Juni 2023. Kapal selam Titan itu hilang usai dua jam menyelam menuju kapal Titanic.

Artikel lainnya: Drama Pemakaman Fajri Obesitas: Damkar dan Basarnas Dikerahkan Angkut Jenazah 300 Kg

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait