Polri Beli Pesawat Boeing Bekas dari Irlandia, Harganya Nyaris Rp1 Triliun

  • Arry
  • 15 Jul 2023 11:03
Pesawat Polri berjenis Boeing 737(media hub polri/polri.go.id)

Polri membeli pesawat jet Boeing 737 800NG dengan noor registrasi P-7301 bekas dari Irlandia. Pesawat pabrikan 2019 itu dibeli dengan harga nyaris Rp1 triliun.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengungkapkan alasan Polri membeli pesawat bekas dari perusahaan Irlandia yang berbasis di Dublin seharga Rp 995,35 miliar.

"Kenapa Polri memilih pesawat bekas, kalau beli pesawat baru membutuhkan waktu produksi minimal 2 tahun sejak pemesanan karena tadi kan mendesak. Tergantung dari masa tunggu," kata Ramadhan di Jakarta, Jumat, 14 Juli 2023.

Ramadhan menjelaskan pesawat tersebut akan digunakan untuk mobilisasi Polri. Dia mencontohkan, pesawat itu akan digunakan untuk membawa kebutuhan personel, peralatan, maupun bantuan dari Korps Bhayangkara. “Posisi pesawat tersebut berada di Bandara Ostrava Republik Ceko," kata Ramadhan.

Baca juga
Heboh Pesawat Kepresidenan RI Parkir di Halaman Rumah Warga Nganjuk, Ini Kisahnya

Untuk membeli pesawat, Polri menganggarkan Rp 1 triliun dengan total anggaran yang digunakan untuk pembelian pesawat sebesar Rp 997.689.000.000.

Biaya itu meliputi biaya pembelian fisik atau basic pesawat seharga Rp 664.385.000.000 dan biaya modifikasi kabin hingga pelatihan kru Rp 330,64 miliar.

Selain itu ada pula biaya lain di luar kepentingan pesawat berupa biaya manajemen konsultan dengan kontrak senilai Rp 1,72 miliar, serta dana konsultan jasa penilaian publik dengan nilai kontrak Rp 579 juta.

Baca juga
ICW Ungkap Dugaan Kelebihan Bayar Pembelian Gas Air Mata Polri Rp48 Miliar

Berdasarkan laman lpse.polri.go.id, perusahaan penyedia pesawat bekas Polri itu adalah KJPP Anas Karim Rivai & Rekan yang beralamat di Perkantoran Permata Kebayoran Plaza, Jalan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Pemenang tender tersebut masuk dalam kategori laman web LPSE Polri untuk Konsultan Jasa Penilai Pengadaan Pesawat Terbang (Fixed Wing) Transportasi Pimpinan dan Angkut Double Engine Type Jet Beserta Peralatan Pendukung dari Tambahan Anggaran Mendesak Polri Tahun Anggaran 2022.

Dari laman pengadaan itu juga diketahui Satuan Kerja Slog Polri untuk pagu sebesar Rp 1 triliun dengan Harga Perkiraan Sendiri atau HPS Rp586.163.250.

Artikel lainnya: Video Atlet MMA Rudy Golden Boy Lumpuhkan Pengemudi Arogan di Tangerang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait