Reshuffle: Budi Arie Menkominfo, Nezar Patria Wamenkominfo, Djan Faridz Wantimpres

  • Arry
  • 17 Jul 2023 07:41
Budi Arie Setiadi, Wakil mentri Desa,Pembangunan Daerah tertinggal, dan Tranmigrasi yang juga adalah Ketua Umum Projo(setkab/setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet. Satu menteri dan sejumlah wakil menteri akan dilantik di Istana Negara hari ini, Senin, 17 Juli 2023.

Mengenai adanya reshuffle kabinet ini sudah dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara," kata Bey pada Minggu, 16 Juli 2023.

Informasi yang dikumpulkan, Reshuffle Kabinet ini dilakukan untuk mengisi kursi Menkominfo yang kosong. Posisi itu akan diisi oleh Budi Arie Setiadi.

Baca juga
Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi Bakal Jadi Menkominfo, Ini Kata Mahfud MD

Budi Arie kini menjabat sebagai Wamendes PPDT. Dia juga adalah Ketua Umum Projo, kelompok relawan pendukung Jokowi.

Posisi Menkominfo lowong usai Johnny G Plate menjadi tersangka korupsi BTS Kominfo. Sebelum reshuffle kabinet ini, Jokowi sudah menugaskan Mahfud MD sebagai Plt Menkominfo.

Selain itu, Jokowi akan melantik empat wakil menteri. Mereka adalah Nezar Patria yang menjadi Wamenkominfo, Paiman Raharjo menggantikan Budi Arie sebagai Wamendes PPDT.

Selain itu, Jokowi juga dikabarkan akan melantik Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Pahala bertukar posisi dari sebelumnya sebagai Wamen BUMN. Sedangkan kursi Wamen BUMN akan diisi Rosan Roeslani, sahabat Erick Thohir.

Selain itu, Zainut Sa'adi akan kehilangan kursi Wakil Menteri Agama. Jabatan ini akan diisi Saiful Rahmat Dasuki.

Selain posisi menteri dan wakil menteri, Jokowi juga dikabarkan melantik anggota Dewan Pertimbangan Presiden alias Wantimpres. Mereka adalah Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto.

Artikel lainnya: Golkar Hadir di Apel Siaga Nasdem di GBK, Anies Sebut Partai Sahabat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait