Muncul Lubang Raksasa Misterius di Kulon Progo, Telan 4 Pohon Rambutan

  • Arry
  • 22 Jul 2023 08:27
Lubang Misterius muncul di Kulon Progo(ombudsman/ori diy)

Sebuah lubang raksasa muncul di Dusun Klepu, Kalurahan Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, DI Yogyakarta. Penyebab munculnya lubang itu masih misterius.

Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Budhi Masthuri, langsung meninjau lokasi. Menurutnya, lubang misterius terbentuk dari amblasnya tanah hingga mencapai diamter sekitar 4 meter.

“Untuk kedalamannya belum diketahui, tapi diduga sangat dalam karena batang bambu yang dimasukkan hilang tidak kelihatan,” kata Budhi Masthuri, Jumat, 21 Juli 2023.

“Pohon rambutan juga masuk hilang, ada empat pohon rambutan menurut keterangan pemilik tanah,” lanjutnya.

    Lubang Misterius muncul di Kulon Progo

Saat ini warga mencoba mengurug lubang tersebut dengan tanah. Namun, lubang tersbeut tak kunjung tertutup meski sydah banyak tanah dimasukkan ke lubang.

Baca juga
Ilmuwan Temukan Lubang Raksasa, Isinya Hutan Purba

Budhi menjelaskan, penyebab munculnya lubang masih misteris. Sebab, belum ada yang memasuki lubang tersebut untuk menginvestigasi.

Menurutnya, lubang tersebut tercipta sekitar satu bulan lalu. Saat itu cuaca sedang hujuan.

“Tiba-tiba ada suara gemuruh dan pohon-pohon yang ada di atasnya pada masuk dan hilang, maka kemungkinan besar dalam sekali,” ujarnya.

Posisi lubang itu cukup berbahaya. Sebab letaknya hanya berjarak 3 meter dari rumah warga. Sementara itu belum ada yang mengetahui kedalaman lubang tersebut termasuk apakah membentuk cabang atau tidak.

“Memang rumah itu sangat riskan untuk ditempati, terutama saat terjadi hujan,” kata Budhi.

“Kami akan segera setelah ini menemui BPBD dan Pemkab Kulon Progo untuk mencermati dan menyikapi ini. Biar mereka yang nanti menyimpulkan apakah warga perlu dievakuasi atau tidak, apa langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan, dan sebagainya,” ujar Budhi Masthuri.

Artikel lainnya: Sosok Cinta Mega, Anggota Fraksi PDIP: Diduga Main Judi Online, Ngakunya Candy Crush

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait