Nama JakLingko Warisan Anies Diganti Jadi Miktrotrans, Ini Penjelasan Pj Gubernur DKI

  • Arry
  • 28 Jul 2023 14:48
Ilustrasi JakLingko(jaklingko indonesia/jaklingkoindonesia.co.id)

Perubahan nama JakLingko menjadi Mikrtotrans menuai kontroversi. Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara soal perubahan nama program warisan Anies Baswedan itu.

Heru Budi menegaskan, tidak ada perubahan nama JakLingko. Menurutnya, JakLingko dan Miktrotrans adalah dua hal berbeda dalam transportasi publik di Jakarta.

"Jaklingko itu sistem pembayaran. Mikrotrans itu transportasinya atau mobilnya, mikroletnya. Misal, kalau gedung itu Balai Kota, terus ada Blok G. Pak Heru mau ubah Blok G jadi Balai Kota?" ujar Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 28 Juli 2023.

Heru pun mempertanyakan banyaknya protes yang mempertanyakan pergantian nama JakLingko menjadi Mikrotrans.

"Siapa yang mengubah nama Jaklingko? Enggak ada yang mengubah. Saya juga baca berita itu, saya sendiri bingung mau tanya sama siapa?" ucap Heru.

"Sekarang jawaban singkat, JakLingko sistem (pembayaran) sekarang berjalan lalu Mikrotrans kendaraannya," ujarnya.

Untuk diketahui, ramai di media sosial seorang netizen bernama Hana Charistia asal Nusa Tenggara Timur (NTT) mengkritik Heru Budi terkait perubahan nama JakLingko menjadi Mikrotrans. Kritik itu dia unggah melalui video pada TikTok pribadinya.

"Hari ini ada yang baru di Jakarta. Sistem transportasi terintegrasi yang kita ketahui bernama JakLingko, hari ini diubah oleh PJ Gubernur menjadi Mikrotrans," kata Hana.

Menurut Hana, nama JakLingko merupakan nama yang diambil dari bahasa NTT, tepatnya kawasan Manggarai Tengah, Ruteng, Desa Cancar.

Menurutnya, Anies Baswedan yang saat itu menjadi Gubernur DKI Jakarta menggunakan nama tersebut hingga nama itu menjadi istilah umum di Ibu Kota.

"Saya sebagai putri daerah yang tinggal di Ibu Kota merasa sangat kecewa atas apa yang dilakukan oleh Pj Gubernur mengganti nama JakLingko menjadi Mikrotrans," kata Hana.

"Seharusnya bapak yang menjadi Pj Gubernur melanjutkan program program yang sudah dibuat oleh pak Anies. Bukan mengubah seenaknya seperti ini," sambungnya.

"Ini kritik kekecewaan saya kepada Pj Gubernur Heru Budi," kata Hana.

Artikel lainnya: Gibran Tegaskan Bukan Jurkam Ganjar Pranowo di Depan Relawan Jokowi, Beda Klaim Hasto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait