Cabut Izin Acara PKS dan Anies, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Akui Tak Teliti

  • Arry
  • 29 Jul 2023 09:31
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto(pemkot bekasi/bekasikota.go.id)

Acara senam pagi PKS bersama bacapres Anies Baswedan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dicabut izinnya. Pencabutan itu dilakukan oleh Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto yang merupakan kader PDI Perjuangan.

Pemkot Bekasi pun buka suara soal pembatalan tersebut. Tri Adhianto menjelaskan, sebelum PKS melayangkan izin, Stadion Patriot sudah direncanakan menggelar pertandingan Liga 1, Bhayangkara Presisi vs PSM Makassar.

Pertandingan itu digelar Sabtu, 29 Juli 2023 malam. Sedangkan acara PKS digelar pada pagi harinya.

Tri menjelaskan, berdasarkan pada regulasi pertandingan Liga 1 tahun 2023/2024 yang dikeluarkan oleh PSSI, pada Pasal 17 ayat 2 menyatakan lapangan permainan tidak boleh dipergunakan untuk aktivitas dan kegiatan selain Latihan resmi sejak 48 jam sebelum Kick-Off Pertandingan kecuali terdapat pertandingan BRI Liga 1 lainnya.

Baca juga
Plt Wali Kota Bekasi Asal PDIP Tiba-tiba Cabut Izin Senam PKS Bersama Anies, Ada Apa?

"Pada dasarnya dari Pemkot Bekasi sudah memberikan izin, saya tandatangani. Tapi ternyata ada statuta PSSI yang menyebutkan bahwa stadion harus steril dari segala aktifitas 48 jam sebelum pertandingan," kata Adhianto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Juli 2023.

"Sehingga medcom pengawas pertandingan PSM vs Bhayangkara tidak memberikan izin. Saya juga mohon maaf kepada panitia yang sudah mempersiapkan acara tersebut," ucap Adhianto.

Politikus PDI Perjuangan itu pun mengaku tidak teliti saat memberikan izin pemakaian stadion untuk acara tersebut yang ternyata bentrok dengan laga Bhayangkara Presisi FC vs PSM Makassar.

"Harusnya saya lebih teliti lagi dan kurang mendapat informasi lebih ketika menandatangani pemakaian Stadion Patriot Candrabhaga untuk penyelenggaraan acara senam, karena ternyata hari yang digunakan bentrok dengan Liga 1," ujar Tri.

Selain itu, Kadispora Bekasi, Zarkasih menyatakan telah menyediakan lokasi alternatif untuk kegiatan PKS itu. Yakni di lapangan Multiguna Bekasi Timur sesuai dengan permintaan dari panitia.

Dispora Kota Bekasi telah menyampaikan kepada Ketum DPD PKS Kota Bekasi melalui Surat Nomor 412.2/439-Dispora.Set tanggal 28 Juli 2023 perihal Pemberitahuan Pemakaian Lapangan Multiguna Kota Bekasi.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal menyatakan Plt Wali Kota Bekasi membatalkan acara senam bersama Anies Baswedan secara sepihak.

"Pj Wali Kota Bekasi secara sepihak membatalkan penggunaan stadion Patriot Candrabhaga yang akan digunakan oleh PKS senam bersama capres Anies Rasyid Baswedan," kata Iqbal dalam keterangan tertulis.

"PKS menyayangkan sikap arogansi Pj Wali Kota Bekasi yang menggagalkan acara PKS bersama Anies, padahal semua prosedur sudah dilalui dan tinggal pelaksanaan," kata dia.

"Itu bukti bahwa upaya menjegal dan melemahkan Anies itu terjadi, cara-cara seperti ini tidak zamannya lagi. Di era keterbukaan dan demokrasi harusnya para kandidat diberi kesempatan bertanding dengan sehat dan adil," sambungnya.

Artikel lainnya: Tips Masak Nasi Goreng Tak Lengket di Wajan, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait