Digadang Jadi Cawapres Prabowo, Gibran: Umurnya Enggak Cukup

  • Arry
  • 14 Agt 2023 14:15
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai acara hari Veteran di UNS Solo(ist/ist)

Prabowo Subianto resmi diusung menjadi calon presiden. Ada empat partai yang mendeklarasikan nama Prabowo yakni Partai Gerindra, PAN, PKB, dan Partai Golkar.

Usai deklarasi itu, kini mengemuka siapa yang bakal mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2024. Tiga partai pengusung memiliki calon sendiri, namun nama Gibran Rakabuming Raka tetap santer untuk disandingkan dengan Prabowo.

Gibran pun buka suara soal namanya digadang-gadang maju dalam Pilpres 2024 untuk mendampingi Prabowo. Putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku jika belum memiliki pengalaman yang mumpuni.

"Umurnya enggak cukup, aturannya enggak bisa umur enggak cukup," kata Gibran di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca juga
PSI Gugat Usia Capres-Cawapres ke MK Minta Diturunkan Jadi 35 Tahun, Demi Gibran?

Soal syarat usia, diketahui Gibran saat ini berusia 35 tahun. Sementara berdasarkan undang-undang, usia minimal untuk menjadi capres dan cawapres adalah 40 tahun.

Meski demikian, aturan mengenai usia ini tengah digugat di Mahkamah Konstitusi. Ada 3 kelompok masyarakat, termasuk Partai Solidaritas Indonesia yang meminta syarat usia diturunkan dari 40 tahun menjadi 35 tahun.

Selain itu, ada permohonan yang menyatakan jika usia tidak bisa diturunkan, maka ada syarat lain yang bisa digunakan Yakni pernah menjnadi penyelenggara pemerintahan, seperti kepala daerah.

Bila gugatan ini dikabulkan MK, maka peluang Gibran maju dalam Pilpres 2024 akan terbuka.

Terlepas dari soal usia, Gibran menyatakan saat ini masih sebagai kader PDI Perjuangan. Dia pun emmiliki tugas untuk memenangkan Ganjar Pranowo dala Pilpres 2024.

Menuruntya, saat ini setiap minggu ada acara bersama dengan Ganjar. "Sudah tiap minggu kita bikin acara terus," ucap dia.

Artikel lainnya: Bos Jalan Tol Jusuf Hamka Dilarikan ke Rumah Sakit: Mohon Didoakan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait