Diserang PDIP Sebagai Kejahatan Lingkungan, Jokowi Jelaskan Proyek Food Estate

  • Arry
  • 18 Agt 2023 17:02
Presiden Joko Widodo atau Jokowi(humas/setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo menjelaskan proyek food estate alias lumbung pangan. Proyek ini sebelumnya dikritik PDI Perjuangan sebagai kejahatan lingkungan.

Jokowi menyatakan, Food Estate dibangun untuk mengantisipasi krisis pangan. Krisis ini pun tengah mengancam sejumlah negara.

"Jadi kita itu membangun food estate, lumbung pangan itu dalam rangka mengantisipasi krisis pangan. Hati-hati. Semua kawasan, semua negara sekarang ini menghadapi yang namanya krisis pangan," ujar Jokowi di Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023.

Jokowi menjelaskan, bahan makanan seperti gandum, gula hingga beras kini menjadi masalah di semua negara. Harga-harga pangan tersebut pun naik drastis.

Baca juga
PDIP Sebut Proyek Food Estate Kejahatan Lingkungan, Prabowo: Yang Bener?

"Gula, beras, setelah India stop, enggak ekspor lagi, semua yang makan beras semua sekarang ini sudah masalah. Harga naik," tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Jokowi, food estate diperlukan untuk cadangan. Baik cadangan strategis maupun untuk diekspor saat jumlahnya meningkat.

Jokowi pun mengingatkan, membangun food estate itu tidak semudah yang dibayangkan.

"Tanaman pertama biasanya gagal. Tanam kedua masih paling-paling bisa berhasil 25 persen. Ketiga baru biasanya keenam, ketujuh itu biasanya baru pada kondisi normal. Jadi tidak semudah yang kita bayangkan," ucap Jokowi.

"Di lapangan itu tidak seperti semudah yang kita bayangkan. Jadi semuanya akan diperbaiki. Dan semuanya harus dievaluasi, dikoreksi, harus diulang. Kalau kita enggak berani, baru gagal pertama sudah mundur, sampai kapanpun lupakan," imbuh dia.

Baca juga
Hasto PDIP Klaim Nama Jokowi Dicatut Dukung Koalisi Prabowo

Program food estate ini sebelumnya dikritik Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Saat itu Hasto menyoroti soal adanya dugaan aliran dana kejahatan lingkungan sekitar Rp 1 triliun ke parpol untuk pembiayaan Pemilu 2024.

"Kami memberikan suatu catatan yang sangat kuat terkait dengan upaya yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi untuk membangun food estate," kata Hasto pada Selasa, 15 Agustus.

"Dalam praktik pada kebijakan itu ternyata disalahgunakan, kemudian hutan-hutan justru ditebang habis, dan food estate-nya tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan terhadap lingkungan," ujarnya.

Artikel lainnya: Momen Anies Baswedan Ikut Lomba HUT RI: Sengit di Tarik Tambang, Digulingkan Pak RT

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait