Hasto PDIP Klaim Nama Jokowi Dicatut Dukung Koalisi Prabowo

  • Arry
  • 16 Agt 2023 09:05
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto(pdi perjuangan/pdiperjuangan.id)

PDI Perjuangan meradang soal nama Joko Widodo yang disebut mendukung koalisi Prabowo Subianto. PDIP pun menyatakan petugas partainya itu sudah mengklarifikasi hal tersebut.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan, nama Jokowi hanya dicatut seolah-olah memberi dukungan kepada koalisi Prabowo. Menurutnya, Jokowi tidak pernah ikut campur dalam pembentukan koalisi pendukung capres.

"Tentang Pak Jokowi, yang namanya dicatut, beliau sudah melakukan klarifikasi bahwa itu tidak benar. Pak Jokowi tidak pernah campur tangan di dalam pembentukan kerja sama partai politik," kata Hasto di Bogor, Selasa, 15 Agustus 2023.

Hasto pun mengibaratkan Jokowi sebagai tokoh Yudhistira yang dianggap sebagai pemimpin jujur.

Baca juga
Apa Nama Koalisi PAN-Golkar-PKB-Gerindra yang Dukung Prabowo di Pilpres 2024

"Kami percaya Presiden Jokowi ini kan beliau sangat memahami falsafah bangsa, termasuk dalam cerita wayang. Itu kan ada Yudhistira yang dipersepsikan sebagai sosok yang jujur karena pemimpin itu harus jujur," jelasnya.

"Bahwa klaim-klaim yang dinyatakan secara tidak benar, hanya untuk mendapat dukungan elite itu sudah langsung dibantah oleh Presiden Jokowi," katanya.

"Rakyat lah yang menentukan siapa yang akan jadi pemimpin ke depan. Dan bagi PDIP, itu adalah Pak Ganjar Pranowo," tambah Hasto.

Hasto pun mengaku telah menerima arahan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri untuk merespons dua partai yakni PAN dan Golkar yang mengalihkan dukungan ke Prabowo.

Baca juga
Didukung PAN-PKB-Golkar, Prabowo: Kami Tim Pemerintahan Jokowi

"Apakah arahan Ibu dalam menyikapi kerja sama partai politik?' Dijawab Ibu adalah, 'perkuat akar rumput. Turun ke bawah bersama dengan rakyat, perkuat akar rumput karena bagi PDIP politik itu bukan high politics, the real politics itu berada di grass roots'," kata Hasto.

Soal klaim koalisi Prabowo direstui Jokowi pertama kali diungkap Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. Termasuk restu bagi PAN dan Golkar untuk mendukung Prabowo.

"Ternyata, mereka menyatakan mau dukung Pak Prabowo. Dan seizin dan restu dari Pak Jokowi. Itu saya bisa katakan," kata Hashim di acara relawan lewat siaran Zoom meeting.

Artikel lainnya: Promo Pizza PHD Merdeka Untuk Semua: Beli 1 Gratis 1, Berlaku 3 Hari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait