PKS Tak Hadiri Deklarasi Anies-Cak Imin dan Akan Gelar Konpers di Jakarta, Ada Apa?

  • Arry
  • 2 Sep 2023 15:28
Partai Keadilan Sejahtera atau PKS(pks/pks)

Deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal capres dan bakal cawapres digelar di Surabaya, Jawa Timur. Namun, acara ini tidak dihadiri PKS. Ada apa?

Deklarasi Anies-Cak Imin digelar di Hotel Majapahit, Jalan Tunjungan, Surabaya, Sabtu, 2 September 2023. Di arena deklarasi tak ada perwakilan dari PKS. Bahkan bendera PKS pun tak tampak di sekitar lokasi. Hanya ada bendera Partai Nasdem dan PKB.

Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri enggan menjelaskan soak ketidakhadiran partainya di deklarasi Anies-Cak Imin. Menurutnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang akan menjelaskan langsung soal absennya partai mereka.

"Rencana jam 15.30 di DPP PKS," kata Mabruri kepada wartawan.

Baca juga
Imbas Duet Anies-Imin, Gerindra Putus Koalisi dengan PKB

Mabruri pun enggan menjelaskan soal materi yang akan disampaikan Ahmad Syaikhu. Termasuk saat ditanya soal apakah arah dukungan koalisi.

"Nanti akan disampaikan sama Presiden," ujarnya.

Untuk diketahui, Koalisi Perubahan untuk Persatuan awalnya terdiri dari tiga partai yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Mereka sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Di tengah jalan, Nasdem memutuskan untuk menambah PKB di jajaran koalisi. Termasuk mengusung Ketum PKB Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres.

Partai Demokrat menilai tindakan tersebut sebagai pengkhianatan terhadap koalisi. Mereka pun memutuskan untuk menarik dukungan ke Anies dan memutuskan keluar dari Koalisi Perubahan.

Sementara langkah PKS baru akan ditentukan hari ini.

Artikel lainnya: Resmi, Rincian Tarif Listrik PLN Terbaru per September 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait