11 Kejanggalan Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Versi Warganet Usai Nonton Ice Cold

  • Arry
  • 4 Okt 2023 11:28
Film Dokumenter Ice Cold menceritakan kisah Jessica Wongso dan Mirna Salihin dalam kasus kopi sianida. Film ini tayang di Netflix(netflix/netflix.com)

Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan media kopi bercampur racun sianida kembali mencuat. Hal ini usai kasus tersebut diangkat menjadi sebuah film dokmenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso", yang tayang di Netflix.

Film dokmenter itu mengadirkan wawancara eksklusif dengan Jessica Wongso yang tengah menjalani hukuman 20 tahun di penjara akibat kasus ini. Selain itu, hadir pula sejumlah wawancara dari sejumlah tokoh terkait.

Namun, warganet justru menemukan 11 kejanggalan dalam kasus kopi sianida ini. Kecurigaan itu muncul dari film berdurasi 86 menit tersebut.

Banyak yang akhirnya menyangsikan Jessica Wongso adalah pembunuh Mirna Salihin. Hal ini pun terlihat saat wawancara Jessica Wongso dari dalam penjara tiba-tiba dihentikan oleh pihak lapas.

Baca juga
Teori Konspirasi di Balik Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso-Mirna Salihin

"Ini beberapa yang gue rangkum dari setelah nonton film dokumenter Jessica Kumala Wongso dan kopi Sianida," cuitan akun X @marimassachet, dikutip Rabu, 4 Oktober 2023.

Akun X itu kemudian membuat daftar kejanggalan yang dia temukan:

1. Saksi Jessica Wongso, Beng Beng Ong dari Australia, ahli patologi forensik justru dilaporkan karena pelanggaran imigrasi yang mengakibatkannya dideportasi dan dicekal masuk ke Indonesia selama 6 bulan.

2. Ahli patologi forensik RSCM, dr Djaja Surya Atmadja sempat melihat wajah Mirna Salihin yang membiru setelah meninggal. Sedangkan, orang yang meninggal akibat sianida seharusnya tidak membiru, tetapi memerah karena kadar sianida HB02-nya tinggi.

3. Tayangan media dinilai seolah menggiring opini publik untuk membenci Jessica Wongso.

Kejanggalan kasus kopi sianida

4. Dokter tidak menemukan adanya sianida dalam lambung Mirna Salihin selama memeriksa jenazahnya 70 menit.

5. Namun, ahli toksikologi yang dihadirkan keluarga mengatakan ada 0,2 mg/liter sianida yang ditemukan dalam lambungnya setelah 3 hari meninggal dunia. Sedangkan, sianida baru bisa menyebabkan kematian bila dosisnya mencapai 50-176 mg.

6. Motif Jessica Wongso dalam membunuh Mirna Salihin juga belum jelas sampai sekarang.

7. Jessica Wongso tetap dinyatakan bersalah meskipun tanpa motif dan bukti konkrit dirinya membunuh Mirna Salihin.

8. Psikolog forensik, Reza Indragiri sempat mengatakan ada pihak tertentu yang mengintimidasi dan memberikan uang.

9. Yudi Wibowo, legal team juga sempat menyinggung soal no money, no justice.

10. Ayah Mirna Salihin tuding Otto Hasibuan pakai uang untuk menghadapi kasus Jessica Wongso. Kemudian, Edi Darmawan mengaku juga memakai uang tapi tidak banyak.

11. Wawancara dengan Jessica Wongso dalam film dokumenter tersebut dihentikan karena dinilai sudah terlalu dalam.


Cerita ahli forensik Reza Indragiri dibungkam pakai uang >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait