Cek Bahaya Minum Kopi Setelah Bangun tidur

  • Arry
  • 17 Des 2023 13:21
Meminum kopi(ist/ist)

Kopi adalah minuman yang banyak digemari. Bisa diseruput pada pagi hari, maupun saat santai di sore hari. Namun ada anjuran agar tidak minum kopi setelah bangun tidur. Apa bahayanya?

Dikutip dari Independent, saat kita bangun tidur biasanya perut dalam kondisi kosong. Kandungan kafein dalam kopi pun disebut dapat memengaruhi sistem pencernaan.

Kafein pada kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang menimbulkan gejala seperti mulas, mual, atau bahkan sakit perut.

Selain itu, kafein pada kopi juga dapat meningkatkan kadar kortisol. Kortisol merupakan hormon stres utama tubuh yang membantu mengatur metabolisme, sistem kekebalan tubuh, gula darah, dan fungsi lainnya.

Baca juga
Perbedaan Kopi Robusta dan Kopi Arabika, Ini 5 Cara Mudah Membedakannya

Kortisol ini secara alami dapat melonjak danmencapai puncaknya sekitar 30-45 menit setelah bangun tidur. Tingginya kadar kortisol ini pun bisa mengganggu ritme sirkadian dan memiliki efek buruk lainnya pada kesehatan.

Mengutip Healthline, tingginya kortisol dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, masalah paru-paru, obesitas, kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan lainnya.

Bahaya minum kopi setelah bangun tidur lainnya adalah dapat meningkatkan tekanan darah. Kafein disebut dapat merangsang sistem saraf simpatis yang bertanggung jawab untuk meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung.

Untuk itu, dianjurkan meminum kopi minimal satu jam setelah bangun tidur. Diusahakan pula, setelah bangun tidur untuk meminum air putih secukupnya. Hal ini untuk mengembalikan mineral yang hilang selama Anda tidur.

Artikel lainnya: Respons Anies Soal Prabowo Sebut 'Ndasmu Etik': Memang Etik Dimulai dari Kepala

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait