Jangan Buang Ampas Kopi, Ini 5 Manfaat yang Jarang Diketahui

  • Arry
  • 11 Jun 2023 10:40
Ilustrasi kopi hitam(@michealcopley03/unsplash)

Usai minum kopi, akan selalu menyisakan ampasnya. Biasanya ampas kopi itu dibuang saat gelas dicuci.

Namun, ampas kopi ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari kesehatan hingga kesuburan.

Melansir berbagai sumber, berikut 5 manfaat ampas kopi:

1. Efektif hilangkan sel kulit mati

Ampas kopi bermanfaat menghilangkan bau kaki dan mengangkat sel kulit mati. Caranya adalah dengan mencampurkan ampas kopi dengan air hangat. Setelah itu rendam kaki selama 30-60 menit.

Untuk mengangkat sel kulit mati, Anda bisa menggosokkan ampas kopi pada kaki saat direndam. Selain itu, rendaman air hangat bisa bermanfaat melancarkan aliran darah di telapak kaki.

2. Menghilangkan selulit

Ampas kopi juga dapat menghilangkan selulit pada kulit. Selulit biasanya muncul karena ada timbunan lemak di bagian tertentu seperti bokong maupun paha.

Dengan ampas kopi yang mengandung kafein, timbunan lemak akan mudah pecah. Sehingga dapat melancarkan aliran darah Anda. Caranya adalah campurkan ampas kopi bekas dengan air biasa. Anda juga bisa menggunakan campuran minyak kelapa. Lalu, perlahan kisaran 10-15 menit.

3. Pewarna rambut dan kain alami

Ampas bekas kopi ternyata bisa diolah menjadi pewarna rambut. Selain itu juga bisa diolah menjadi pewarna kain. Caranya adalah dengan mencampurkan ampas kopi dengan air hingga kental. Kemudian ditaruh di rambut untuk membuat rambut lebih hitam pekat.

4. Membersihkan Panci

Bokong panci yang sering digunakan akan menjadi hitam. Ampas kopi bisa digunakan sebagai pengganti abu gosok untuk menghilangkan permukaan hita di bokong panci tersebut. Selain itu, ampas kopi ini juga bisa menghilangkan noda lemak di panci. Caranya, cukup lakukan pembersihan menggunakan ampas kopi layaknya Anda menggunakan sabun cuci piring biasa.

5. Pupuk Cair

Ampas kopi tak hanya bermanfaat bagi manusia. Tetapi juga bagi tumbuhan. Caranya adalah dengan mencampurkan ampas kopi dan kemudian semprotkan ke tanaman sebagai pupuk cair. Hal ini karena ampas kopi diketahui mengandung lebih banyak asam dan hal lainnya yang bermanfaat bagi tumbuhan.

Artikel lainnya: Naik Kereta Api Tetap Wajib Pakai Masker dan Vaksin Booster

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait