Perbedaan Kopi Robusta dan Kopi Arabika, Ini 5 Cara Mudah Membedakannya

  • Arry
  • 30 Jul 2023 09:03
Kopi hitam(@raimondklavins/unsplash)

Kopi adalah minuman favorit yang bisa disantap kapan saja. Ada du ajenis kopi yang paling populer yakni robusta dan arabika. Apa sih perbedaan kedua kopi itu?

Hal yang mudah untuk membedakan kopi robusta dan arabika adalah dari segi rasanya. Robusta memiliki cita rasa lebih kuat dan pahit, sedangkan arabika rasanya lebih halus dan tidak terlalu pahit.

Melansir berbagai sumber, berikut perbedaan kopi robusta dan kopi arabika:

1. Rasa

Mengutip perkcoffee.co, kopi arabika memiliki rasa yang lebih halus, lebih manis, dengan aroma cokelat dan gula. Kopi arabika juga memiliki yang lebih variatif seperti buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sementara kopi robusta memiliki cita rasa yang lebih kuat, lebih keras, dan lebih pahit.

2. Tingkat Kafein

Tingkat kafein pada kopi arabika yaitu sebesar 1,1 persen hingga 1,5 persen. Sedangkan kopi robusta memiliki kandungan kafein sebesar 2,2 persen hingga 2,7 persen.

3. Lemak dan Gula

Kandungan lemak dan gula pada kopi arabika lebih banyak yakni sekitar 60 persen. Kandungan ini dua kali lipat dibanding kopi robusta. Meski demikian, hal tersebut tidak membuat perbedaan yang signifikan cita rasa kedua kopi tersebut.

4. Harga

Kopi robusta memiliki harga jauh lebih murah. Sebab lebih mudah untuk diproduksi. Sedangkan kopi arabika harganya jauh lebih mahal lantaran produksinya lebih panjang dan memerlukan sumber daya lebih.

5. Sejarah

Melansir cybex.pertanian.go.id, kopi arabika banyak ditemukan di Ethiopia dan dipopulerkan oleh orang Arab. Biji kopi ini kemudian tersebar ke seluruh dunia. Sementara kopi robusta banyak ditemukan di Afrika. Kopi ini kemudian dibawa Belanda dan dibudidayakan di Indonesia secara besar-besaran.

Artikel lainnya: Heboh Wine Nabidz Halal, Kemenag Tak Pernah Keluarkan Sertifikat Halal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait