Hotman Paris Ungkap cara Bebaskan Jessica Wongso dari Kasus Kopi Sianida

  • Arry
  • 5 Okt 2023 12:31
Jessica Wongso terpidana kasus pembunuhan Mirna Salihin melalui kopi Vietnam bercampur sianida(ist/ist)

Kasus pembunuhan dengan kopi bercampur racun sianida yang mengaibatkan Jessica Wongso dihukum 20 tahun penjara kembali mencuat. Banyak pihak yang menilai banyak kejanggalan dari tewasnya Wayan Mirna Salihin.

Kasus kopi sianida ini kembali muncul usai Netflix menayangkan dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso pada akhir September 2023. Padahal kasus ini terjadi pada Januari 2016.

Hebohnya film Ice Cold itu pun membuat pengacara kondang Hotman Paris ikut bersuara. Dia pun menawarkan solusi bagaimana mengeluarkan Jessica Wongso, terpidana pembunuhan Wayan Mirna Salihin, dari pidana 20 tahun penjara.

"Bagaimana cara menyelamatkan Jessica yang divonis bersalah atas perbuatan yang belum tentu bersalah karena tingkat putusannya sudah PK (peninjauan kembali)? Sudah tidak bisa diubah lagi," ujar Hotman Paris dikutip dari akun Instagram @hotmanparisofficial, Kamis, 5 oktober 2023.

Baca juga
Cerita Reza Indragiri Diguyur Uang Agar Bumgkam di Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso

"Caranya adalah, kalau pemimpin negeri ini sependapat dengan saya, jangan hukum seseorang yang belum pasti terbukti bersalah, caranya adalah cuma satu, tapi pastikan dulu Jessica akan diampuni," kata Hotman Paris.

Menurutnya, satu-satunya cara adalah dengan mengajukan grasi ke Presiden Joko Widodo. Namun, sebelum grasi diajukan, ubu Jessica harus melakukan pendekatan terlebih dahulu sehingga bisa mengetahui apakah Presiden akan mengabulkan grasi tersebut atau tidak.

"Minta Jessica ajukan grasi ke Presiden (Jokowi). Tapi betul dengan catatan di belakang layar sudah ada komitmen grasinya tersebut akan dikabulkan," tutur Hotman.

Kata Hotman Paris soal bebaskanJessica Wongso di kasus kopi sianida

"Karena apa? Grasi artinya mengakui perbuatan. Kalau sampai Jessica permohonan grasinya ditolak, maka semakin blunder sebagai Jessica, karena grasi itu artinya mengakui perbuatan," katanya.

"Sudah tidak ada PK di atas PK. PK tidak bisa dua kali. Satu-satunya jalan ya grasi dari Presiden. Tapi dengan satu catatan bahwa Bapak Presiden akan kabulkan grasi jika nanti diajukan oleh Jessica," tutupnya.


11 Kejanggalan kasus kopi sianida Jessica Wongso >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait