Kronologi KA Argo Semeru Anjlok Hingga Terserempet KA Argo Wilis

  • Arry
  • 18 Okt 2023 10:09
KA Argo Semeru anjlok di Kulon Progo(ist/ist)

KA Argo Wilis menyerempet KA Argo Semeru yang tengah anjlok di derah Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa, 17 Oktober 2023. Simak kronologinya.

Direktur Jenderal Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, menjelaskan, peristiwa KA Argo Semeru anjlok hingga terserempet KA Argo Wilis terjadi di petak lintas antara Stasiun Sentolo-Wates KM 520+4 sekitar pukul 13.15 WIB.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) tengah menjalin koordinasi intensif dengan tim tanggap darurat untuk memastikan tidak ada korban," ujarnya dalam keterangannya ditulis Rabu, 18 Oktober 2023.

Risal menjelaskan kronologi kecelakaan tersebut. Hal ini bermula saat KA Argo Semeru mengalami anjlok di petak lintas antara Stasiun Sentolo - Wates KM 520+4 sekitar pukul 13.15 WIB.

Baca juga
KA Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo

Tak beberapa lama, pada pukul 13:25 WIB rangkaian KA 6 Argo Wilis datang dari arah barat dan menemper rangkaian KA Argo Semeru.

"Akibat hal tersebut, petak lintas tempat kejadian tidak dapat dilalui di kedua arah," kata Risal.

Menurut Risal, penumpang langsung dievakuasi menggunakan rangkaian kereta luar biasa (KLB) dari Yogyakarta.

Sementara untuk evakuasi sarana yang terdampak, Kemenhub telah mengerahkan tim evakuasi di lapangan. Tim tersebut sudah berkoordinasi untuk mendatangkan rangkaian alat berat dan lokomotif penolong.

"Saat ini tim evakuasi sudah berada di lapangan untuk mengevakuasi dan mengamankan penumpang," tuturnya.

Artikel lainnya: Usai 2 tahun, Polisi Tetapkan Tersangka Pembunuh Ibu dan Anak di Subang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait