Mereka yang Tersingkir dari Bursa Cawapres: AHY, Erick Thohir Hingga Sandiaga Uno

  • Arry
  • 23 Okt 2023 11:49
Sandiaga Uno bersama Agus Harimurti Yudhoyono(partai demokrat/demokrat.or.id)

2. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, juga kerap disebut-sebut sebagai calon kuat cawapres pada Pilpres 2024. Namanya pun sempat disebut cocok menjadi pendamping Prabowo dan Ganjar Pranowo.

Ridwan Kamil pun kemudian bergabung dengan Partai Golkar. Sayangnya, partai tersebut telah memutuskan memilih Airlangga Hartarto sebagai calon wakil presiden.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, pun juga sempat masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo. Namun hingga akhirnya, bekas Wali Kota Bandung itu tak dipilih baik oleh Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Baca juga
Ridwan Kamil Beri Kode Breaking News Usai Lengser, Jadi Cawapres Prabowo atau Ganjar?

3. Erick Thohir

Nama Erick Thohir, Menteri BUMN dan Ketum PSSI, digadang-gadang sebagai bakal cawapres terkuat. Sebab, dia dianggap memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo sejak Pilpres 2014.

Prestasi Erick Thohir membenahi BUMN dan PSSI dianggap sukses. Namanya pun sempat masuk dalam bursa cawapres dari Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Bahkan PAN dengan secara gamblang mengajukan nama Erick Thohir untuk mendampingi Prabowo.

Baca juga
Peta Capres-Cawapres Terbaru Jelang Pilpres 2024: Prabowo-Erick Thohir Tertinggi

Belakangan, Erick Thohir pun sempat membuat SKCK ke kepolisian untuk ikut dalam Pilpres 2024. Namun, PAN akhirnya setuju untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka mendampingi Prabowo.

4. Sandiaga Uno

Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga masuk bursa bakal cawapres. Nama bekas Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pernah masuk dalam bursa cawapres dari Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Sandiaga pun rela keluar dari Partai Gerindra dan bergabung ke PPP, anggota koalisi pendukung Ganjar Pranowo untuk mendapatkan peluang lebih besar menjadi bakal cawapres.

Baca juga
Resmi Gabung PPP, Sandiaga Uno Dicalonkan Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres

Namun, PDI Perjuangan pun akhirnya memilih Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Pasangan Ganjar-Mahfud MD kini sudah didaftarkan ke KPU.

"Hati teriris tapi muka harus tersenyum. Insyaallah rezeki tidak akan kemana sesuai dengan ikhtiar," ucap Sandiaga menaggapi keputusan PDIP memilih Mahfud MD.

Sandiaga pun kini didapuk sebagai Dewan Pakar di Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

5. Airlangga Hartarto

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, skealigus Menko Perekonomian, sebelumnya telah diusung partainya sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Namun, di akhir-akhir, Golkar justru mengusung nama Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto. Keputusan itu diambil usai Mahkamah Konstitusi menyatakan Kepala Daerah belum berusia 40 tahun bisa ikut Pilpres 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait