Stasiun Kereta Cepat Whoosh Bocor dan Atap Jebol, KCIC: Kurang Pengujian

  • Arry
  • 6 Nov 2023 09:25
Stasiun LRT dan Kereta Cepat Whoosh bocor hingga atapnya jebol(ist/ist)

Viral di media sosial Stasiun Kereta Cepat Halim Jakarta Timur bocor hingga atapnya jebol saat diguyur hujan lebat pada Sabtu, 4 November 2023. PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC buka suara.

Video Stasiun Kereta Cepat Whoosh bocor hingga atapnya jebol ini berseliweran di media sosial. "Belum genap satu tahun, kereta cepat Halim sudah bocor," tulis narasi yang ada di video tersebut.

"Hari Sabtu (4/11) dilaporkan atap bangunan penghubung Stasiun Cawang @LRTJabodebek jebol saat hujan. Akibatnya air hujan langsung turun ke lantai bangunan penghubung tersebut."

"Bangunan yang atapnya jebol ini merupakan bangunan tambahan stasiun untuk menghubungkan dengan Gedung BNN, halte TJ, dan perkantoran BUMN Karya di seberang tol."

Stasiun Kereta Cepat Whoosh bocor hingga atap jebol

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, kondisi tersebut tidak mengganggu area pelayanan khususnya bagian dalam Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim tersebut.

Baca juga: Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus Rekor Tertinggi, KCIC Tambah 4 Perjalanan di Akhir Pekan

"Sejumlah gambar yang beredar di sosial media yang menunjukan kondisi plafon stasiun bagian dalam mengalami kebocoran bukan di lokasi Stasiun Kereta Cepat Halim," kata dia dalam keterangan resmi.

Baca juga
Luhut Ungkap RI Gandeng China Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya: Bunga Lebih Kecil

Menurutnya, limpahan air di sisi tangga bukan berada di dalam stasiun. Melainkan di lobi kedatangan sisi selatan.

Limpahan air itu berasal dari saluran air yang tidak mampu menahan debit air akibat intensitas hujan yang sangat tinggi.

"Seluruh alur penumpang tetap berjalan normal tanpa kendala. Operasional Kereta Cepat Whoosh juga tidak terdampak kejadian tersebut," imbuh Eva.

Menurutnya, KCIC telah berkoordinasi dengan perusahaan Wijaya Karya (WIKA) sebagai kontraktor pembangunan Stasiun Kereta Cepat untuk melakukan investigasi dan perbaikan area yang terdampak. WIKA pun sudah mulai memperbaiki saluran air sisi luar stasiun yang terdampak.

Eva menjelaskan, pembangunan atap stasiun Kereta Cepat Halim dilakukan pada musim kemarau. Sehingga pengujuan saluran air belum dilakukan maksimal, terutama menghadapi intensitas hujan tinggi.

"KCIC bersama WIKA telah melakukan komunikasi dan kordinasi serta bergerak cepat agar pelayanan dan fasilitas yang diberikan pada penumpang optimal." tutup Eva.

Artikel lainnya: Puisi Menlu Retno Marsudi di Aksi Bela Palestina Bikin Haru: Palestina Saudaraku

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait