Israel Tuding RS Indonesia di Palestina Jadi Tempat Hamas, MER-C Buka Suara

  • Arry
  • 7 Nov 2023 17:04
RS Indonesia di Palestina(mer-c/mer-c.org)

Israel menuding Rumah Sakit Indonesia yang berada di Gaza menjadi tempat persembunyian Hamas. Selain itu, rumah sakit itu juga dipakai sebagai tempat penyimpanan logistik.

"Hamas menggunakan Rumah Sakit Indonesia untuk menyembunyikan pusat komando dan kendali bawah tanah," kata Juru Bicara Pasukan Pertahanan Israel, Avichay Adraee, dikutip dari Arab News, Selasa, 7 November 2023.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal, menegaskan RS Indonesia di Gaza sepenuhnya ditujukan untuk tujuan kemanusiaan.

"RS Indonesia di Gaza adalah fasilitas yang dibangun masyarakat Indonesia sepenuhnya untuk tujuan kemanusiaan dan untuk melayani kebutuhan medis masyarakat Palestina di Gaza," kata Iqbal dalam keterangannya.

Baca juga
Puisi Menlu Retno Marsudi di Aksi Bela Palestina Bikin Haru: Palestina Saudaraku

"Rumah sakit ini saat ini merawat pasien dalam jumlah jauh melampaui kapasitasnya," kata dia.

MER-C selaku pengelola RS Indonesia di Gaza juga telah secara tegas membantah tudingan itu.

"Kami membantah bahwa kita dalam membangun rumah sakit ini dalam konteks yang benar-benar profesional yaitu sesuai dengan kebutuhan masyarakat Gaza, baik saat itu maupun saat ini," kata Ketua Presidium MER-C Indonesia, Sarbini Abdul Murad

"Oleh sebab itu, apa yang dituduhkan oleh Israel bisa jadi merupakan satu prakondisi untuk Israel melakukan serangan ke RS Indonesia yang ada di Gaza," ujarnya.

Baca juga
Jadi Simbol Dukungan ke Palestina, Semangka Ternyata Buah Kesukaan Rasulullah SAW

"Kami minta kepada seluruh masyarakat untuk mengecam Israel agar tidak melakukan langkah-langkah brutal kepada RS Indonesia," jelas dia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal pada Jumat, 3 November, memastikan RS Indonesia di Gaza masih berfungsi. Meski demikian, bahan bakar untuk generator di RS tersebut sudah hampir habis.

"So far (sejauh ini) per hari ini masih berfungsi. Jadi mudah-mudahan ada hasil dari upaya-upaya yang dilakukan," kata Iqbal.

"Bahkan di serangan-serangan kemarin ke Jabaliyah, itu hampir semua pasien baru yang muncul akibat serangan itu, dibawanya ke rumah sakit Indonesia karena paling dekat," ujarnya.

Artikel lainnya: Fuji Minta Maaf Bicara Kasar dan Telat Bayar Gaji ke Pegawai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait