Jadi Simbol Dukungan ke Palestina, Semangka Ternyata Buah Kesukaan Rasulullah SAW

  • Arry
  • 3 Nov 2023 15:03
Buah semangka(@flohmaier/unsplash)

Gambar buah semangka kini menghiasi setiap unggahan di media sosial. Baik dalam bentuk gambar maupun komentar. Buah ini dijadikan netizen sebagai bentuk dukungan kepada Palestina terhadap kezaliman zionis Israel.

Buah yang memiliki daging berwarna merah, biji warna hitam, kulit putih dan hijau itu memang mirip dengan warna bendera Palestina.

Namun, semangka ini ternyata adalah buah yang sangat spesial. Semangka merupakan salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW.

Baca juga
Ramai Pasang Gambar Semangka untuk Dukung Palestina, Apa Artinya?

Kecintaan Rasulullah SAW dengan buah semangka dijelaskan dalam beberapa hadist. Salah satunya yang dijelaskan oleh sang istri, Aisyah Ra:

"Sesungguhnya Nabi SAW sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda),". (HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy Nomor 1843).

Selain rasanya nikmat, kandungan air dalam buah semangka disebut berasal dari surga. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam kitab At-Tadzkirah, Imam Al Qurtubi menuliskan dari Ali Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Ya Ali, rajinlah makan buah semangka karena airnya dari air surga dan rasanya manisnya adalah rasa manis surga,".

"Untuk satu suap, Allah SWT mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan dan mengangkatnya 10 derajat,".

Dalam kisah tersebut juga dijelaskan, mengonsumsi buah semangka tidak hanya akan mendapat manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi juga mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Artikel lainnya: Diduga Terima Duit BTS, Anggota BPK Achsanul Qosasi Jadi Tersangka dan Ditahan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait