Beredar Pesan Singkat Anies Ditolak Datang Isi Seminar di UGM, Rektorat Buka Suara

  • Arry
  • 19 Nov 2023 12:24
Universitas Gadjah Mada atau UGM(ugm/ugm.ac.id)

Anies Baswedan batal hadir dalam acara seminar di Universitas Gadjah Mada pada 17 November 2023. Beredar isu, Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu tak datang lantaran ada penolakan dari Rektorat UGM.

Isu itu mencuat usai akun X @UGM_FESS mengunggah tangkapan layar sebuah percakapan yang diduga antara panitia acara dengan pihak rektorat yang disebut bernama Wija.

"Mas.. benar ini Anies Baswedan akan datang.. jika datang sesuai anjuran perintah dari Rektor UGM. Terpaksa Seminar harus dibatalkan," bunyi pesan dalam percakapan tersebut dari seorang bernama Wija yang disebut dari pihak rektorat.

"Ya dipastikan Anies datang tidak, jika datang terpaksa Seminar dibatalkan karena kami sudah dihubungi dari Polda DIY juga," bunyi percakapan tersebut.

Pihak panitia kemudian memastikan, kegiatan yang akan mereka gelar adalah kegiatan ilmiah. Kegiatan itu juga bukanlah untuk kampanye.

"Pada prinsipnya konsep acara yang kami rencanakan dari awal sebatas diskusi ilmiah dengan mengundang tokoh dari berbagai background njeh, Pak Wija. Bukan bersifat pengerahan massa/kampanye jadi aman, kepesertaan juga kami screening betul-betul," tulis pihak panitia dalam percakapan tersebut.

Koordinator bidang Hubungan Masyarakat Sekretariat UGM Dina Kariodimedjo mengatakan kegiatan tersebut bukanlah acara UGM.

"Acara tersebut bukan acara UGM dan MM hanya dipinjam tempatnya," kata Dina.

Sementara itu, Sekretaris UGM Andi Sandi memastikan adanya pihak yang mengatasnamakan Rektorat UGM tidak benar. Dia menyatakan, orang tersebut merupakan pegawai unit kampus, bukan pihakrektorat.

"Saya sudah mengklarifikasi ke panitia yang kemudian chat-nya disebarkan itu salah persepsi. Disangkanya itu dari rektorat, padahal bukan. Rektorat tidak pernah mengeluarkan statement melarang pak Anies datang ke acara itu," kata Andi.

Untuk diketahui, panitia akan menggelar seminar bertajuk Indonesia Future Stadium Generale di Auditorium Magister Manajemen (MM) UGM pada Jumat, 17 November. Anies Baswedan diundang sebagai pembicara dala kapasitasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Artikel lainnya: Ukir Sejarah! Ini Detik-detik Jeka Saragih Raih Kemenangan di Debut UFC

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait