Biadab, Israel Serang RS Indonesia di Gaza: 12 Orang Tewas, Puluhan Luka-luka

  • Arry
  • 20 Nov 2023 18:38
RS Indonesia di Palestina(mer-c/mer-c.org)

Tentara Israel menyerbu Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, Palestina. Penyerbuan ini menyebabkan 12 orang tewas dan puluhan orang luka-luka. Jumlah ini masih penghitungan sementara.

Dilansir dari AFP dan Al Jazeera, penyerbuan ke RS Indonesia yang berada di Jalur Gaza bagian utara ini dilakukan tentara Israel pada Senin, 20 November 2023 pagi waktu setempat.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qudra, menyatakan, sedikitnya 12 orang, termasuk beberapa pasien yang mengalami luka-luka dan pendamping mereka, tewas akibat serangan Israel ke RS Indonesia.

"Puluhan orang lainnya mengalami luka-luka akibat pendudukan Israel yang menargetkan Rumah Sakit Indonesia," sebut Al-Qudra dalam pernyataannya.

Baca juga
Starbucks Buka Suara Soal Rumor Alirkan Duit Cuan ke Israel

Al Jazeera juga melaporkan, korban tewas juga berasal dari kalangan dokter dan tim medis. Bahkan ruang operasi utama di rumah sakit itu mengalami kerusakan dan tidak bisa lagi digunakan.

Kantor berita Palestina, WAFA, melaporkan, penyerbuan hingga pengeboman yang dilakukan tentara Israel mengenai bagian bedah khusus wanita dan melukai para dokter yang sedang melakukan operasi.

Tim medis setempat juga mengatakan kepada Al Jazeera, rumah sakit tersebut sudah menjadi target serangan tanpa ada peringatan.

Al-Qudra seperti dikutip Al Jazeera mengkhawatirkan tentara Israel akan mengulangi apa yang terjadi terhadap Rumah Sakit Al-Shifa, pada RS Indonesia. Disebutkan Al-Qudra juga, tank-tank militer Israel juga masih mengepung rumah sakit tersebut.

Baca juga
Beredar Daftar 121 Produk yang Disebut Dukung Israel, MUI Buka Suara

RS Indonesia di Jalur Gaza ini menjadi satu-satunya rumah sakit yang masih berupaya memberikan layanan medis. Sekitar 700 orang dilaporkan berada di rumah sakit itu saat serangan Israel terjadi.

RS Indonesia tak hanya menjadi tempat merawat korban perang. Namun juga dijadikan tempat berlindung bagi ribuan warga Gaza yang menghindari serangan Israel.

Belum ada tanggapan dari militer Israel atas laporan serangan terhadap RS Indonesia tersebut.

Artikel lainnya: Resep Sate Ayam Bumbu Rujak, Kuliner Unik, Segar dan Bikin Nagih

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait