Rilis Capres LSI Denny JA dan IPO: AMIN Melejit, Ganjar-Mahfud Merosot

  • Arry
  • 21 Nov 2023 09:31
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo(ist/ist)

Survei terbaru Capres 2024 telah dirilis dua lembaga survei yakni LSI Denny JA dan Indonesian Political Opinion alias IPO. Dari hasil survei, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih teratas.

Kejutan terjadi saat elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias AMIN melejit. Mereka bahkan menyaingi elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang justru merosot.

Dari survei LSI Denny JA, survei dilakukan pada 6-13 November 2023 terhadap 1.200 responden dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 40,3 persen. Kemudian disusul oleh Ganjar-Mahfud 28,6 persen dan pasangan AMIN 20,3 persen. Kemudian yang belum/tidak menjawab sebesar 10,8 persen.

Baca juga
Iriana Jokowi Disebut Sebagai Aktor di Belakang Pencalonan Gibran

"Jika pilpres dua putaran, maka Prabowo-Gibran lolos putaran kedua, 40,3 persen. Maka pasangan lain siapa yang lolos putaran kedua? Sisa tiket Ganjar-Mahfud dan AMIN. Karena selisih elektabilitas keduanya di bawah 10 persen atau tak lebih dua digit," kata Peneliti LSI Denny JA Adjie Al Faraby.

Adjie menjelaskan dibandingkan bulan sebelumnya, elektabilitas Prabowo naik dari 39,3 persen menjadi 40,3 persen. Sedangkan elektabilitas Ganjar-Mahfud turun dari 36,9 persen menjadi 28,6 persen. Sementara kenaikan signifikan didapat pasangan AMIN yang naik dari 15 persen menjadi 20,3 persen.

"Ganjar-Mahfud sekarang turun jauh hanya 28,6 persen. Dari data ini Prabowo-Gibran hampir dua digit selisih dari pasangan terdekatnya yakni Ganjar-Mahfud. Dan Ganjar-Mahfud alami penurunan begitu jauh. Dan AMIN cenderung kenaikan," ujar Adjie.

Baca juga
Dukung Prabowo-Gibran, Bobby Nasution Dipecat PDIP Medan

Survei elektabilitas Capres 2024 juga dirilis IPO. Survei dilakukan IPO pada 10-17 November 2023 terhadap 1.400 responden dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,50 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, Prabowo-Gibran mendapat elektabilitas 36,2 persen. Di tempat kedua ditempati AMIN yang meraih 34,1 persen. Sedangkan Ganjar-Mahfud turun menjadi 27,1 persen.

IPO juga merilis elektabilitas personal tiga capres. Prabowo menempati urutan teratas dengan 37,5 persen. Kemudian disusul Anies Baswedan 32,7 persen, dan Ganjar Pranowo 28,3 persen.

Artikel lainnya: Ditantang Raffi Ahmad Tinju, Ini Jawaban Ariel Noah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait