Ketua KPK: Udah Dibelain Datang Debat kusir eh Debat Capres, Nyesal

  • Arry
  • 13 Des 2023 21:30
Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango(sekretariat kabinet/setkab.go.id)

Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango, menyesal datang ke Debat Capres 2024 di KPU. Dia pun menyinggung debat capres perdana itu sebagai debat kusir.

"Semalam saya ikut juga karena diundang menyaksikan debat kusir, eh maaf debat capres," kata Nawawi di Jakarta, Rabu, 13 Desember 2023.

"Capek-capek dari sini saya bela-belain, ke sana saya ingin mendengar ada konsep pemberantasan korupsi, enggak yang bisa ditawarkan oleh Beliau," ujarnya.

Menurut Nawawi, para calon hanya menyebut pemberantasan korupsi dengan penguatan KPK. Namun, para calon tidak menjelaskan bagaimana caranya.

"Bahasanya ya hanya berantas korupsi gitu menguatkan KPK. Tapi seperti apa enggak ada juga. Saya jadi nyesal kenapa harus bermacet-macet semalam," kata dia.

Baca juga
Usai Dipamerkan Anies Saat Debat Pilpres, Aplikasi JAKI Diretas

Nawawi pun mengakui akibat ada revisi UU KPK, kondisi di lembaga antirasuah itu sudah berbeda. Namun dia masih yakin para pegawai masihmenjaga integritasnya.

"Kalau sisa optimisme yang tersisa yang saya katakan tadi integritas insan-insan KPK saya yakini itu masih ada," pungkasnya.

Hal senada diungkapkan peneliti Indonesia Corruption Watch alias ICW, Kurnia Ramadhana. Menurutnya, Debat Capres yang bertema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi, sama sekali tidak menjawab permasalahan pemberantasan korupsi.

Baca juga
Debat Capres: Anies Sindir Prabowo Tak Tahan Jadi Oposisi

"Debat calon Presiden Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum kemarin praktis tidak menjawab permasalahan pemberantasan korupsi saat ini," kata Kurnia.

"Paparan tiga orang kandidat masih sangat umum dan tidak masuk pada isu teknis yang sebenarnya amat sangat dibutuhkan," ujarnya.

Artikel lainnya: Baru Bebas Usai 2 Kali Dibui, Ammar Zoni Kembali Ditangkap Gegara Narkoba

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait