Resmi Dukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ini Alasan Jusuf Kalla

  • Arry
  • 20 Des 2023 07:38
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla(golkar/golkarindonesia)

Jusuf kalla menyatakan dukungannya untuk pasangan calon capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024. Apa alasannya?

Juru bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah, mengungkapkan wakil presiden ke-10 dan 12 RI itu menilai pasangan AMIN memiliki rekam jejak yang apik. Selain itu, calon yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu lebih terbuka untuk dikritik.

"Karena merasa punya tanggung jawab moral agar rakyat tidak salah dalam memilih pemimpin yang akan memimpin Indonesia dalam 5 tahun ke depan, maka Selasa (19/12) di Makassar, M Jusuf Kalla, menyampaikan secara terbuka jika dirinya memilih Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar," kata Husain Abdullah dalam keterangannya.

"Selama ini ia (JK) menyampaikan dirinya netral, tetapi sebagai warga negara Pak JK tentunya memiliki pilihan politik. Dan berdasarkan track record Anies Baswedan yang ia ketahui, Pak JK berkeyakinan jika Anies adalah orang yang tepat memimpin Indonesia ke depan," kata Husain.

Baca juga
Jadwal debat Cawapres 2024: Tema, Daftar Panelis, dan Moderator

"Bagi JK, yang dua priode menjabat sebagai Wapres RI untuk dua Presiden berbeda, Anies adalah murid politiknya. Dari segi pengetahuan, pengalaman, kejujuran serta integritas Anies memiliki keunggulan dalam hal tersebut," sambungnya.

"M Jusuf Kalla tidak ingin mengomentari calon lainnya tetapi dirinya memberikan edukasi dan tips memilih Presiden agar rakyat memilih yang etikanya baik tidak pemarah, jika dikritik dia terbuka bisa menerima dan tenang," ujarnya.

"Karena di mata Jusuf Kalla, seorang pemimpin tidak boleh pemarah karena yang pemarah dapat membahayakan bangsa ini yang secara historis pernah diwarnai konflik dalam negeri, seperti di Papua, Aceh, Poso, Ambon dan di Kalimantan," kata Husain.

"Seorang pemimpin juga harus adil agar dapat memakmurkan rakyatnya. Seorang pemimpin harus mengerti ekonomi dasar. Seorang pemimpin tidak boros asal belanja karena dapat membuat negeri bangkrut," ujarnya.

"Bagi JK, Anies seorang bersikap adil, mengerti ekonomi dasar dan penuh perhitungan. Dan yang tidak kalah pentingnya, Anies dan Cak Imin memiliki dasar agama yang kuat," jelasnya.

Artikel lainnya: Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Terjaring OTT KPK

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait