Heboh Menteri Zulhas Ucap Tak Jawab Aamiin Usai Alfatihah dan Tahiyat 2 Jari

  • Arry
  • 21 Des 2023 10:35
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (mpr/mpr.go.id)

Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umim Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan membuat heboh. Ucapannya saat membuka acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang dinilai tak layak dan melecehkan.

Dalam acara itu, Zulhas membeberkan keberhailan Presiden Joko Widodo di tingkat nasional hingga internasional. Dia juga membanggakan upaya Jokowi saat mengupayakan gencatan senjata Israel dan Hamas beebrapa waktu lalu.

"Kemarin ada gencatan senjata beberapa hari, itu ada peran Pak Jokowi itu," kata Zulhas saat berpidato, Selasa, 19 Desember 2023.

Zulhas kemudian mengungkapkan ada perubahan sikap di masyarakat akhir-akhir ini. Termasuk dalam urusan beribadah. Dia pun mengaitkan hal tersebut dengan aroma politik jelang Pilpres 2024.

"Saya keliling daerah, Pak Kiai. Sini aman, Jakarta nggak ada masalah, yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi kalau salat Maghrib baca, 'waladholin... ', Al-Fatihah baca 'waladholin..' Ada yang diem sekarang, pak. Lho kok lain," ujar Zulhas.

"Ada yang diem sekarang banyak, saking cintanya sama Pak Prabowo itu," imbuhnya.

Untuk diketahui, saat sholat berjemaah ataupun sendirian, usai membaca surah Alfatihah, biasanya dilanjutkan dengan mengucapkan kata Aamiin. Kata AMIN diidentikkan dengan singkatan dari pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Tak hanya itu, Zulhas juga menyinggung soal kebiasaan saat melakukan tahiyat dalam sholat. Biasanya saat tahiyat awal maupun akhir, orang menggunakan jari telunjuk saat membacakan doa syahadat dan zikir.

"Itu kalau tahiyatul akhir awalnya gini (menunjukan jari telunjuk), sekarang jadi gini (menunjukkan dua jari, telunjuk dan tengah)," ujar Zulhas terheran-heran.

Ucapan ini pun terekam dalam video yang tersebar di sejumlah media sosial. Salah satunya diunggah politisi Partai NasDem, Ahmad Sahroni

Ucapan Zulkifli Hasan soal bacaan aamiin dan tahiyat 2 jari

Untuk diketahui, Zulhas dan PAN adalah salah satu partai anggota Koalisi Indonesia Maju yang menduung pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait