Jepang Diguncang Gempa 7,5 Magnitudo dan Diterjang Tsunami 1,2 Meter

  • Arry
  • 1 Jan 2024 23:16
Ilustrasi Tsunami(@raymondo600/unsplash)

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,5 Magnitudo mengguncang Jepang, Senin, 1 Januari 2023 sore waktu setempat. Gempa hebat ini pun memicu datangnya gelombang tsunami setinggi 1,2 meter.

Dilaporkan Reuters, pihak otoritas langsung membunyikan tanda peringatan akan datangnya gelombang tsunami higga 5 meter. Warga di wilayah yang bakal terdampak seperti di prefektur Ishikawa, Niigata, Toyama, dan Yamagata, diminta mengevakuasi diri.

"Gelombang (tsunami) diperkirakan mencapai 5 meter di Semenanjung Noto di Ishikawa," demikian NHK melaporkan yang dikutip dari Japan Times.

Gempa ini juga terasa di wilayah Kanto hingga Tokyo.

Tak lama berselang, penyiar NHK melaporkan gelombang tsunami dengan ketinggian 1,2 meter telah mencapai kota Wajima di Ishikawa. Tsunami lainnya mencapai 40 cm tercatat di kota Kashizawaki.

Prefektur Ishikawa masuk dalam kategori 'Major Tsunami Warning' yang ditandai dengan garis ungu. Lokasinya terletak di dekat pusat gempa.

"Semua warga harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," kata lembaga penyiaran publik NHK setelah gempa melanda wilayah Noto di prefektur Ishikawa sekitar pukul 16.10 waktu setempat.

Saluran televisi publik langsung menayangkan tulisan 'EVACUATE' dalam huruf besar dilayar. Mereka mendesak warga segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi meskipun cuaca musim dingin.

Artikel lainnya: SPBU Pertamina, Shell, BP, VIVO Kompak Turunkan Harga BBM, Siapa Paling Murah?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait