Tiket Kereta Cepat Whoosh Kini Dijual Dinamis, termurah Dibanderol Rp150 Ribu

  • Arry
  • 29 Jan 2024 14:13
Kereta Cepat Jakarta-Bandung(kcic/kcic.co.id)

PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC kini menerapkan penjualan tiket dinamis atau dynamic pricing untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh rute Jakarta-Bandung (pp). Harga tiket termurah pun dibanderol Rp150 ribu.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan, skema tarif dinamis diberlakukan mulai 3 Februari 2024.

"Dalam skema baru ini dimungkinkan dalam satu hari terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk perjalanan Whoosh," kata Eva dalam keterangan resmi, Senin, 29 Januari 2024.

Nantinya tiket Whoosh untuk kelas Premium Economy misalnya, akan dijual termurah Rp 150.000. Harga normal dibanderol Rp200 ribu di weekdays dan Rp250 ribu saat weekend. Variasi harga untuk kelas tersebut juga bisa berkisar Rp175 ribu, Rp200 ribu, Rp225 ribu, hingga Rp250 ribu.

"Penerapan skema tarif dinamis ini memungkinkan penumpang mendapatkan tiket Whoosh dengan harga yang lebih hemat bila melakukan perjalanan di waktu tertentu," papar Eva.

Tiket dinamis ini ditentukan sejumlah faktor seperti jam sibuk (peak hour) atau jam tidak sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non-liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan.

Untuk high season atau peak hour, tiket dibanderol dengan harga lebih tinggi. Sedangkan untuk off peak, tiket dijual lebih murah.

Dynamic pricing ini disebuat akan memberikan nilai tambah bagi penumpang. Adanya fleksibilitas harga diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih baik kepada masyarakat.

Artikel lainnya: Shin Tae Yong Ungkap Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia dari Australia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait