Menlu Retno Marsudi Dikabarkan Mundur, Kemenlu Buka Suara

  • Arry
  • 6 Feb 2024 14:20
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kementerian luar negeri/kemlu.go.id)

Kabar menteri bakal mundur dari Kabinet Indonesia Maju terus bergulir. Kini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang dikabarkan akan menysul Mahfud MD mundur dari kabinet pimpinan Presiden Joko Widodo.

Kementerian Luar Negeri buka suara soal kabar Menteri Retno Marsudi akan mundur. Juru Bicara Lalu Muhamad Iqbal menyatakan, Menlu saat ini masih fokus dengan berbagai kepentingan Indonesia di luar negeri.

"Menlu RI masih fokus dan sibuk menangani kepentingan Indonesia di luar negeri. Sedang banyak yang perlu perhatian serius, seperti isu Palestina. Agenda beliau memang sangat padat," kata Lalu Muhamad Iqbal, dalam keterangannya.

Untuk diketahui, sebelumnya berkembang ada 15 menteri yang akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Kabar ini pertama kali diungkapkan ekonom senior, Faisal Basri.

Baca juga
Cerita Mahfud MD Saat Serahkan Surat Resign Jadi Menko Polhukam ke Presiden Jokowi

Nama-nama menteri yang bakal mundur pun sudah beredar. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menlu Retno marsudi.

Sejauh ini, baru Mahfud MD yang menanggalkan jabatan Menko Polhukam. Cawapres nomor urut 03 itu mundur dengan alasan ingin menjaga etika lantaran tengah fokus kampanye dalam Pilpres 2024.

Presiden Jokowi pun sudah angkat biaca soal kondisi di kabinetnya saat ini. Dia memastikan, para pembantunya itu masih bekerja secara normal.

"Kabinet biasa-biasa saja. Biasa-biasa saja, tidak ada masalah. Yang kerja ya kerja, yang kunjungan ke daerah, kunjungan ke daerah," ujarnya.

Artikel lainnya: Dituding Lakukan Pencucian Uang, Raffi Ahmad Ternyata 'Digaji' YouTube Puluhan Miliar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait