Prabowo-Gibran Bakal Bentuk Kemenko Urus Program Makan Siang Gratis

  • Arry
  • 22 Feb 2024 18:01
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka(prabowo gibran/youtube)

Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah berencana membentuk kementeriak koordinator baru jika dilantik. Nantinya Kemenko itu akan mengurus program makan siang gratis.

Gibran mengaku sudah membahas pembentukan kemenko makan siang gratis dengan Prabowo Subianto. Namun dia tidak menjawab detil soal kementerian baru itu.

"Iya sudah dibicarakan," kata Gibran, Kamis, 22 Februari 2024.

Sementara itu Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN), Budiman Sudjatmiko, menjelaskan, pembentukan kemenko baru itu diperlukan lantaran program makan siang gratis melibatkan sejumlah instansi. Seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian UMKM Koperasi, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan.

"Prabowo-Gibran merencanakan program ini akan dibangun dengan format kolaborasi para pemangku kepentingan di sektor industri pangan nasional," kata Budiman dalam keterangannya.

"Karena urgensi program dan ini merupakan bagian dari program terbaik hasil cepat yang telah disampaikan oleh Prabowo-Gibran, sehingga memerlukan pendekatan khusus agar segera terlaksana, maka tidak tertutup kemungkinan dibentuk Kemenko khusus untuk program ini," jelasnya.

Dengan hadirnya kementerian makan siang gratis, pemerintah dapat melakukan belanja secara efektif dari hulu ke hilir.

"Desa akan diandalkan sebagai basis produksi komoditi dan bahan pangan yang dibutuhkan untuk menyediakan makan siang dan minum susu gratis," jelasnya.

Meski demikian, rencana pembentukan kementerian makan siang gratis ini masih dalam pembahasan.

"Jadi itu salah satu yang kita diskusikan, tapi memang belum definitif (pasti) ya. Ini masih ide-ide yang sudah disampaikan, masih belum diputuskan apakah (nantinya) akan dibentuk badan sendiri, apakah kemenko yang ada dialihfungsikan, apakah kemenko yang ada ditambah fungsinya itu masih belum diputuskan," paparnya.

Artikel lainnya: BRIN Sebut Puting Beliung di Rancaekek Sebagai Tornado Pertama di Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait