Ratna Sarumpaet Tertangkap Basah Berkeliaran Naik Mobil Saat Nyepi di Bali

  • Arry
  • 11 Mar 2024 21:16
Aktivis Ratna Sarumpaet tertangkap tengah berkeliaran di saat perayaan Nyepi di Bali(ist/ist)

Aktivis Ratna Sarumpaet ketahuan tengah menumpang mobil di Bali saat Hari Raya Nyepi berlangsung. Insiden ini viral di media sosial.

Dari foto yang beredar di media sosial, terlihat Ratna Sarumpaet tengah bersama seorang pria yang tengah menyetir Toyota Sienta warna cokelat bernopol B 2760 SOC. Mereka melintas di Jalan Pantai Berawa, Desa Tandeg, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Bendesa Adat Tandeg, I Wayan Wartana mengatakan, Ratna Sarumpaet dietahui ke luar sekitar 10.40 Wita. Ratna pun langsung dicegat pecalang saat berada di dalam mobil bersama sopirnya.

"(Dia dicegat) di depan Sekretariat Desa Adat karena pos jaga kita memang di depan sekretariat Desa Adat," kata Wartana, saat dikonfirmasi, Senin, 11 Maret 2024.

Dia menyatakan awalnya tidak mengetahui sosok yang berada di mobil itu adalah Ratna Sarumpaet. Namun aktivis itu lantas kemudian memperkenalkan dirinya.

"Kurang tahu, (tapi) beliau tadi bilang gitu saya Ratna Surampeat gitu," ujarnya.

Ratna Sarumpaet berkeliaran dengan mobil di saat hari Raya Nyepi di Bali

Kepada pecalang, Ratna Sarumpaet mengaku akan mencari ATM. Dia pun berkilah salah tanggal terkait pelaksanaan Hari Raya Nyepi di Bali.

"Beliau mungkin sama sopir atau siapa itu ke luar bilang nyari ATM. Alasan beliau bahwa staffnya bilang bahwa Nyepi tanggal 9. Tetapi pecalang sudah memberitahu secara persuasif tidak memberikan hukuman apa. Meminta beliau agar kembali ke tempat tinggalnya gitu," ujarnya.

Pecalang pun kemudian meminta Ratna Sarumpaet serta sopirnya kembali ke vila tempat mereka menginap. Ratna tidak melakukan protes.

"Enggak ada protes. Beliau alasannya (ke luar) karena staffnya bilang bahwa nyepi

Wartana juga menyampaikan, pihak desa adat telah mengeluarkan surat imbauan berisi tata tertib pelaksanaan Nyepi baik untuk warga dan turis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

"Sudah imbauan dari Desa Adat Tandeg dalam bahasa Indonesia, juga bahasa Inggris. Kita sudah edarkan jauh-jauh hari hampir dua minggu. Imbauannya seperti biasa supaya melaksanakan Catur Brata Penyepian, tidak boleh keluar rumah itu poin utama," ujarnya.

Artikel lainnya: Masuk Ancol Gratis Selama Bulan Ramadan, Begini Syaratnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait