Piala Asia U-23: Bermain 9 Orang, Timnas U-23 Indonesia Kalah 0-2 dari Qatar

  • Arry
  • 16 Apr 2024 04:48
Piala Asia U-23 2024: Qatar U-23 vs Indonesia U-23 2-0: Indonesia mengakhiri pertandingan dengan 9 pemain(pssi/pssi.org)

Timnas U-23 Indonesia kalah 0-2 dari Qatar di laga perdana penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda pun harus bermain dengan 9 orang pada akhir pertandingan.

Duel Timnas U023 Qatar vs Indonesia U-23 digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, Senin, 15 April 2024 malam.

Qatar langsung tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Peluang pertama terjadi di menit ke-3 usai Saif Eldeen Hassan sukses menyambut umpan silang Mostafa Meshaal. Namun bola berhasil diamankan kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Qatar mencetak peluang lagi di menit ke-17. Tembakan Mahdi Salem mengarah tepat ke pelukan Ernando. Begitu pula peluang dari Ahmed Al Rawi di menit ke-29 yang jauh dari sasaran.

Indonesia tak tinggal diam. Sebuah lemparan ke dalam dari Pratama Arhan ke kotak penalti Qatar disambut sundulan Muhammad Ferrari. Namun bola berhasil diantisipasi kiper Youssef Abdullah.

Di menit ke-39, Rafael Struick melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Namun bola membentur tiang dan keluar lapangan.

Petaka bagi Indonesia terjadi di menit ke-44. Sebuah pelanggaran dari kapten Rizky Ridho terhadap Mahdi Salem membuat wasit menunjuk titik putih. Khaled Ali yang maju sebagai algojo berhasil menjebol gawang Indonesia. Keunggulan 1-0 untuk Qatar ini bertahan hingga babak pertama usai.

    Piala Asia U-23 2024: Qatar U-23 vs Indonesia U-23 2-0: Indonesia mengakhiri pertandingan dengan 9 pemain
Aksi Marselino Ferdinan keluar dari kepungan pemain Qatar U-23 di Piala Asia U-23 2024 (pssi)

Babak kedua baru berjalan 1 menit, Indonesia harus bermain dengan 10 orang usai Ivar Jenner mendapat kartu kuning kedua. Wasit menilai Ivar Jenner menginjak lutut Saif dalam duel perebutan bola. Pemain naturalisasi itu pun harus keluar lapangan.

Qatar memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk terus menyerang Indonesia. Hasilnya, pada menit ke-54, Al Rawi berhasil menjebol gawang Indonesia lewat tendangan bebas. Qatar unggul 2-0.

Tertinggal 0-2 Indonesia tak tinggal diam. Namun peluang yang dihasilkan masih belum berbuah hasil. Di menit ke-60, tembakan bebas Nathan Tjoe-A-On masih melambung di atas gawang. Begitu pula tembakan first time Marselino Ferdinan di menit ke-63 yang berhasil ditepis Youssef.

Indonesia harus bermain 9 orang di penghujung babak kedua. Pemain pengganti Ramadhan Sananta dikeluarkan wasit usai melanggar keras Mohammed Aiash dari belakang. Kartu merah ini diambil usai wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov melihat tayangan VAR.

Hingga pertandingan usai, Qatar gagal menambah jumlah gol meski unggul jumlah pemain. Qatar menang 2-0 atas Indonesia.

Hasil ini membuat Qatar berada di puncak klasemen Grup A dengan 3 angka. Disusul Australia dan Yordania yang masing-masing dengan 1 poin. Sedangkan Indonesia di posisi juru kunci dengan nilai 0.

Susunan pemain

Qatar U-23: Youssef Abdullah; Saif Eldeen Hassan, Mohammed Aiash, Hashmi Al Hussain (Abdullah Al Ali 83'), Abdullah Al Yazidi (Abdalla Yousif 73'); Mostafa Meshaal, Naif Al Hadrami, Khaled Ali (Mubarak Shanan 82'), Jassem Gaber, Mahdi Salem (Mohamed Gouda 72'), Ahmed Al Rawi (Tameem Mansour 83').

Indonesia U-23: Ernando Ari Sutaryadi; Muhammad Ferrari, Komang Teguh (Nathan Tjoe-A-On 51'), Rizky Ridho, Rio Fahmi, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Marselino Ferdinan (Fajar Fathur Rahman 90'), Arkhan Fikri (Ramadhan Sananta 72'); Witan Sulaeman (Ikhsan Zikrak 90'), Rafael Struick.

Artikel lainnya: Kecelakaan Maut Tol Cikampek, Ini Daftar 12 Korban Tewas dari Mobil Gran Max

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait