Timnas U-23 Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23 Usai Bekap Korsel

  • Arry
  • 26 Apr 2024 04:31
Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024(pssi/pssi.org)

Timnas U-23 Indonesia mencatatkan sejarah usai lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Di babak perempat final, Garuda Muda mengalahkan Korea Selatan di babak adu penalti.

Laga timnas U-23 Korea Selatan vs Indonesia U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024 digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha, Qatar, Jumat 26 April 2024 dini hari WIB.

Pertandingan beru berusia delapan menit, Korea sudah mampu menjebol gawang Indonesia. Namun gol dianulir usai pemain Korea terjebak offside sebelum gol tercipta.

Indonesia akhirnya mampu unggul di menit ke-15 lewat Rafael Struick. Sebuah tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, menghujam ke sisi kanan gawang Korea.

Indonesia nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-31, Sebuah kerjasama Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan mampu merepotkan lini belakang Korsel. Sayang, tembakan Marselino di depan gawang Korea masih melebar.

Pada menit ke-45 Korea mampu menyamakan kedudukan akibat gol bunuh diri Komang Teguh. Namun tiga menit berselang, Struick kembali mencatatkan namanya di papan skor. Bbaak pertama berkahir dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Baca juga
Babak 1 Piala Asia U-23 2024: Korea Selatan vs Indonesia 1-2, Struick 2 Gol

Di babak kedua, Korea menambah tempo serangan. Namun di tengah upaya mereka mencetak gol, tim Negeri Ginseng ini kehilangan pemainnya usai wasit mengusir Lee Young-jun. Hukuman ini diterima Lee usai wasit melihat tayangan VAR dan melihat Lee mengarahkan telapak sepatunya ke kaki Justin Hubner.

Meski bermain dengan 10 orang, Korea justru mampu menyamakan skor di menit ke-84. Sebuah serangan balik, bola diterima Jeong San-bin yang kemudian memperdayai kiper Ernando Ari. Skor 2-2.

Hingga babak kedua usai, skor bertahan 2-2. Pertandingan berlanjut ke extra time.

Di masa perpanjangan waktu ini, Indonesia berbalik menyerang Korea. Namun, tak ada peluang yang dapat diakumulasi dengan gol. Pertandingan selama 120 menit pun berakhir dengan skor 2-2.

Pemenang laga ini harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada baba tos-tosan ini, Korea nyaris lolos saat tendangan Justin Hubner berhasil diblok. Namun tendangan itu harus diulang lantaran kiper bergerak sebelum Hubner mengeksekusi penalti. Pada saat diulang, Hubner berhasil menjalankan tugasnya.

Pada penendang keenam, kiper Ernando Ari berhasil memblok tendangan kang Sang-yoon. Sayang penendang Indonesia, Arkhan Kaka melebar ke sisi kiri gawang.

Kemenangan Indonesia ditentukan usai Ernando memblok tendangan Lee Kang-hee, selaku penendang ke-12. Pratama Arhan yang yang maju sebagai penendang ke-12 Indonesia berhasil mengecoh kiper Korea.

Indonesia pun meang 11-10 atas Korea di babak adu penalti.

Hasil ini membawa Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Di babak empat besar, Garuda Muda akan menantang pemenang pertandingan antara Arab Saudi vs Uzbekistan.

Artikel lainnya: Dihujat Usai Pamer Foto Starbucks di Makkah, Ini Respons Zita Anjani

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait