Piala Asia U-23: Wasit Kontroversi Sivakorn Pu-udom Jadi Wasit VAR Indonesia vs Irak

  • Arry
  • 1 Mei 2024 17:38
Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-udom(ist/ist)

Timnas U-23 Indonesia tampaknya berjodoh dengan wasit Sivakorn Pu-udom. Wasit VAR asal Thailand itu akan kembali bertugas saat perebutan tempat 3 Piala Asia U-23 Indonesia vs Irak.

Wasit Sivakorn Pu-udom akan kembali bertugas pengendali layar VAR saat duel Timnas Indoensia vs Irak yang digelar pada Kamis, 2 Mei 2024. Laga ini digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha.

Kali ini Sivakorn akan bertugas sebagai asisten VAR. Sedangkan wasit VAR utama akan dipegang wasit asal Arab Saudi, Abdullah Dafer Al Shehri.

Sivakorn Pu-udom tercatat menjadi wasit VAR dalam duel Qatar vs Indonesia saat penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024. Dalam laga ini, Indonesia kalah 0-2 dari Qatar.

Baca juga
3 Vonis VAR Rugikan Indonesia: Batal Penalti, Gol Dianulir, Kapten Kartu Merah

Pada pertandingan itu, wasit Sivakorn dianggap tidak memberikan tayangan VAR saat Ivar Jenner mendapat kartu merah. Selain itu, Sivakorn juga tak memberikan tayangan VAR saat Marselino Ferdinan dilanggar di depan kotak penalti Qatar.

Wasit Sivakorn Pu-udom juga terlibat saat babak semifinal Indonesia vs Uzbekistan. Ada tiga keputusan VAR yang dikawal Sivakorn yang disebut merugikan Indonesia.

Dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Uzbekistan ini, tayangan VAR yang dikawal Sivakorn ini membatalkan gol Muhammad Ferrari akibat offside Ramadhan Sananta hingga kartu merah yang diterima Rizky Ridho.

Laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia vs Irak juga menjadi laga penting. Sebab pemenang duel ini akan lolos langsung ke Olimpiade 2024 di Paris. Sedangkan yang kalah harus bertanding di babak playoff melawan Guinea.

Artikel lainnya: Kronologi Kecelakaan di Tol Cikampek, 1 Unit Avanza Terbakar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait