3 Vonis VAR Rugikan Indonesia: Batal Penalti, Gol Dianulir, Kapten Kartu Merah

  • Arry
  • 30 Apr 2024 10:52
Timnas Indonesia vs Uzbekistan 0-2: pelanggaran terhadap Witan Sulaeman, namun wasit justru membatalkan memberikan tendangan bebas atau penalti untuk Indonesia usai melihat VAR(pssi/pssi.org)

Timnas U-23 Indoneia kalah 0-2 dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23. Ada tiga keputusan VAR yang dianggap merugikan Garuda Muda.

Duel Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan U-23 dalam semifinal Piala asia U-23 digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin, 29 April 2024 malam.

Pertandingan ini dipimpin wasit Shen Yinhao asal China. Ini kali kedua Shen Yinhao terlibat dalam pertandingan Indonesia di Piala Asia U-23. Sebelumnya, dia menjadi wasit ke-4 saat Indonesia mengalahkan Yordania 4-1.

Sementara itu Sivakorn Pu-udom menjadi wasit yang mengendalikan VAR. Wasit asal Thailand ini juga bertindak sebagai wasit VAR saat Indonesia kalah 0-2 dari Qatar di laga pembuha penyisihan Grup A Piala asia U-23.

Setidaknya ada tiga keputusan dari duet wasit Shen Yinhao dan Sivakorn yang dinilai merugikan Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Batal penalti

Pada menit ke-23, pemain Uzbekistan Abduvohid Ne'matov melanggar Witan Sulaeman di tepi kotak penalti. Wasit Shen Yinhao sempat memberikan tendangan bebas untuk Indonesia. Dia pun juga mengecek VAR untuk kemungkinan terjadinya penalti.

Namun, usai mengecek VAR bersama wasit Sivakorn, alih-alih memberikan hukuman penalti, wasit Shen Yinhao justru menganulir keputusan tendangan bebas itu dan memberikan bola untuk Uzbekistan.

Baca juga
Ada 3 VAR, Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23 Usai Kalah 0-2 dari Uzbekistan

2. Anulir Gol Ferrari

Pada menit ke-61, Muhammad Ferrari sempat membobol gawang Uzbekistan. Gol bermula dari umpan Pratama Arhan yang kemudian disambut Ramadhan Sananta. Bola kemudian diteruskan ke Ferrari yang lantas menembak bola ke gawang.

Wasit Shen yinhao kemudian mengecek tayangan VAR. Usai berdiskusi dengan wasit Sivakorn, Shen Yinhao membatalkan gol tersebut lantaran menilai Sananta berdiri offside sebelum bola dilepaskan Arhan.

3. Kartu merah Rizky Ridho

Wasit Shen Yinhao mengecek VAR saat melihat pemain Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov terkapar, wasit Shen Yinhao langsung mengecek VAR.

Dari rekaman VAR terlihat Rizky Ridho yang tengah berupaya membuang bola, namun kakinya mengenai selangkangan Jasurbek. Hal ini yang membuat pemain Uzbekistan itu terkapar.

Usai melihat tayangan VAR, wasit Shen Yinhaolangsung mengganjar Rizky Ridho dengan kartu merah. Kapten Timnas U-23 Indonesia pun harus keluar lapangan di menit ke-84, padahal saat itu Garuda Muda tengah tertinggal 0-1 dari Uzbekistan.

Baca juga
Kalahkan Irak 2-0, Jepang ke Final Piala Asia U-23

Usai Rizky Ridho mendapat kartu merah, Uzbekistan kemudian mencetak gol keduanya yang berasal dari bunuh diri Pratama Arhan.

Kekalahan ini membuat Indonesia akan bertemu dengan Irak untuk perebutan tempat ketiga untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris secara langsung.

Jika kalah lagi, Indonesia masih berpeluang tampil di Olimpiade Paris lewat jalur playoff melawan wakil Afrika, Guinea.

Artikel lainnya: Emak-emak Pengemis Viral, Rosmini Baru Mau Pergi Jika Dikasih Rp1 Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait