Irak vs Indonesia: Kalah 1-2, Garuda Muda Tempati Posisi 4 Piala Asia U-23

  • Arry
  • 3 Mei 2024 07:56
Irak vs Indonesia 2-1: Selebrasi Ivar Jenner usai mencetak gol ke gawang Irak, namun Indonesia kemudian kebobolan dua gol dan gagal menjadi juara tiga Piala Asia U-23(pssi/pssi.org)

Timnas U-23 Indonesia kalah dramatis 1-2 dari Irak dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia u-23 2024. Sempat unggul duluan, Garuda Muda akhirnya takluk di babak perpanjangan waktu.

Duel Timnas U-23 Irak vs Indonesia U-23 digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis, 2 Mei 2023 malam WIB. Pertandingan berlangsung selama 120 menit setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam 2 X 45 menit.

Irak mencoba mengambil alih serangan sejak menit pertama. Namun Indonesia tak tinggal diam, pasukan Garuda Muda meladeni permaiann terbuka dari Singa Mesopotamia.

Indonesia pun berhasil unggul terlebih dahulu di menit ke-19 lewat Ivar Jenner. Gol bermula dari tendangan pojok Witan Sulaeman. Bola dihalau ke luar kotak penalti. Bola liar langsung disambar Ivar Jenner dengan melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Indonesia unggul 1-0.

Satu menit berselang, Irak nyaris menyamakan skor lewat Ali Jasim. Namun sepakan keras Ali Jasim masih bisa ditepis kiper Ernando Ari.

Irak pun akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-27 lewat Zaid Tahseen. Bermula dari sepak pojok, Ernando Ari mencoba menghalau bola, namun tidak sempuran. Bola berhasil disundul pemain Irak untuk memberikan umpan ke Zaid yang sudah berdiri di depan gawang.

Gol ini sempat ditinjau VAR lantaran ada potensi offside atau pelanggaran. Namun wasit Majed Mohammed Al Shamrani mengesahkan gol tersebut usai berdiskusi dengan wasit VAR.

Baca juga
Babak I Irak vs Indonesia 1-1: Ivar Jenner Cetak Gol Indah

Babak pertama usai, skor imbang 1-1 tidak berubah.

Di babak kedua Indonesia kesulitan menembus pertahanan Irak. Sejumlah peluang yang tercipta masih belum menemui sasaran. Begitu pula dengan Irak yang sulit memasuki ruang pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-80, Indonesia memiliki peluang emas saat Rafael Struick mengirikan umpan ke Witan yang berada di dekat gawang. Namun sepakan Witan tak sempurna dan bola dapat diamankan kiper Hussein Hasan.

Di menit ke-85, Indonesia selamat dari hukuman penalti usai VAR membatalkan keputusan wasit Majed. Babak kedua usai skor masih imbang 1-1. Pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu 2x15 menit.

Extra time baru berjalan enam menit, Irak berbalik unggul 2-1 lewat gol yang dicetak Ali Jasim. Gol bermula dari umpan panjang pemain Irak dan gagal dihalau Justin Hubner. Bola berhasil dikuasai Jasim dan dan menembak ke pojok kanan gawang Ernando Ari.

Hingga babak extra time usai, Indonesia gagal menyamakan skor. Pertandingan Irak vs Indonesia berakhir dengan skor 2-1.

Irak pun keluar sebagai juara 3 Piala Asia U-23 sekaligus merebut tiket lolos otomatis ke Olimpiade 2024. Sementara Indonesia berada di peringkat empat dan harus melakoni laga Playoff kontra Guinea untuk lolos ke Olimpiade 2024.

Artikel lainnya: Pembunuhan Wanita dalam Koper: Pelaku Sempat Setubuhi Korban dan Ambil Rp43 Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait