Hasil dan Klasemen Euro 2024: Spanyol Hajar Kroasia, Rekor Unik Italia vs Albania

  • Arry
  • 16 Jun 2024 10:27
Italia vs Albania 2-1: Nedim Bajrami mencetak gol tercepat di Piala Eropa usai membobol gawang Italia di detik ke-23(euro2024/uefa.com)

Hasil Euro 2024 telah tersaji hingga Mingu, 16 Juni 2024. Hasilnya, Spanyol menang telak atas Kroasia, sementara itu Italia menang tipis atas Albania.

Dari duel Hungaria vs Swiss yang digelar di Cologne Stadium, Cologne, Sabtu, 15 Juni 2024. Laga ini dimenangkan Swiss dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan Swiss dicetak Kwadwo Duah menit ke-12, Michel Aebischer pada menit ke-45, dan Breel Embolo di menit ke 90+3. Sedangkan satu gol Hungaria dicetak Barnabas Varga menit ke-66.

Hasil ini menempatkan Swiss di posisi kedua klasemen Grup A dengan nilai 3. Poin Swiss sama dengan yang diraih Jerman yang pada partai pembuka mengalahkan Skotlandia 5-1.

Lima gol Jerman dicetak Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Niclas Fullkrug, dan Emre Can. Sedangkan gol Skotlandia berasal dari gol bunuh diri Antonio Rudiger.

Beralih ke Grup B yang menggelar duel Spanyol vs Kroasia di Olympiastadion, Berlin. Hasilnya, Tim Matador menang telak 3-0.

Tiga gol Spanyol dicetak di babak pertama melalui Alvaro Morata di menit 29, Fabian Ruiz menit 32, dan Dani Carvajal menit 45+2.

    Spanyol vs Kroasia 3-0: Alvaro Morata menyumbang satu gol kemenangan Tim Matador (uefa.com)
Spanyol vs Kroasia 3-0: Alvaro Morata menyumbang satu gol kemenangan Tim Matador (uefa.com)

Laga ini juga ditandai dengan dua rekor yang diraih winger Spanyol, Lamine Yamal. Pemain yang merumput di Barcelona itu menjadi pemain termuda yang pernah berlaga di Piala eropa dengan usia 16 tahun dan 338 hari.

Selain itu, Lamine Yamal juga menjadi pemain termuda yang pernah menorehkan asis di Piala Eropa. Dalam laga itu, Lamine memberikan asis untuk Dani Carvajal.

Laga Grup B lainnya adalah Italia vs Albania yang digelar di BVB Stadion Dortmund, Dortmund, Minggu, 16 Juni 2024 dini hari WIB. Hasilnya Gli Azzurri menang 2-1 atas Albania.

Duel ini diwarnai dengan terciptanya rekor gol tercepat yang dicetak Nedim Bajrami. Gelandang Albania itu sukses merobek gawang Gianluigi Donnarumma saat pertandingan baru berjalan 23 detik.

Bajrami mengalahkan rekor Dmitri Kirichenko yang dicetak 20 tahun lalu. Saat itu Dmitri Kirichenko mencetak gol di detik ke-67 untuk Rusia ke gawang Yunani pada Euro 2004.

    Italia vs Albania 2-1: Timnas Italia menang dramatis atas Albania usai tertinggal di detik ke-23 (uefa.com)
Italia vs Albania 2-1: Timnas Italia menang dramatis atas Albania usai tertinggal di detik ke-23 (uefa.com)

Italia langsung bangkit saat Alessandro Bastoni menyamakan gol di menit ke-11. Nicolo Barella kemudian membalikkan skor di menit ke-16 untuk membawa Italia unggul 2-1.

Hasil dua laga di Grup B ini menempatkan Spannyol sementara berada di puncak klasemen dengan nilai 3. Diikuti Italia dengan nilai yang sama. Spanyol dan Italia akan bertemu pada 20 Juni.


Hasil dan Klasemen Euro 2024 >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait