Indonesia vs Timor Leste: Jadwal, Rekor Pertemuan, Hingga Menanti Aksi Figo-Ronaldo

  • Arry
  • 27 Jan 2022 09:11
Timnas Indonesia(aff suzuki cup/affsuzukicup2020.com)

Duel Indonesia vs Timor Leste dalam pertandingan persahabatan. Sejumlah pemain baru akan diturunkan pelatih Shin Tae Yong seperti Ronaldo Kwateh hingga Achmad Figo.

Pertandingan Indonesia vs Timor Leste akan digelar di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, pada Kamis, 27 Januari 2022, pukul 19.00 WIB. Kemudian pada 30 Januari kedua negara ini akan kembali bertanding di tempat yang sama.

Pertandingan persahabatan ini merupakan agenda resmi dari FIFA, jika meraih kemenangan maka akan memperbaiki posisi Indonesia. Saat ini Indonesia berada di peringkat 164 FIFA. Sementara Timor Leste berada pada rangking 196 dunia.

Meski demikian, Shin Tae Yong meminta skuat Merah Putih tidak lengah.

"Jujur, saya belum pernah menonton langsung laga Timor Leste. Akan tetapi, saya menyaksikan pertandingan mereka di Piala AFF 2020. Ternyata, mereka lebih baik daripada perkiraan saya. Mereka memiliki kecepatan dan penguasaan bola yang baik," kata Shin.

"Kami tak akan lengah," ujarnya.

Jelang pertandingan, pelatih asal Korea Selatan itu memanggil delapan nama baru untuk memperkuat Timnas Garuda. Mereka sudah mulai berlatih di Bali sejak 19 Januari.

Delapan pemain baru itu adalah Bayu Fiqri (Persib Bandung), Ronaldo Kwateh (Madura United), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), dan Adi Satrio (Persik Kediri).

Kemudian ada pula Achmad Figo (Arema FC), M Rafli (Arema FC), Sani Rizky Fauzi (Bhayangkara FC), dan Terens Puhiri (Borneo FC).

Meski demikian, STY enggan menyebut siapa yang bakal diturunkan dalam pertandingan saat melawan Timor Leste.

“Memang dari wartawan, jika pelatih kepala memberi tahu siapa yang diturunkan dan dimainkan bakal dijadikan bahan untuk membuat berita. Tetapi, dari pihak pelatih kepala itu sangat hati-hati karena sama saja itu memberi tahu taktik kami kepada lawan,” ujarnya.


Rekor pertemuan

Jika melihat rekor pertemuan Indonesia dan Timor Leste, skuat Merah Putih unggul jauh. Dalam empat pertandingan terakhir, Indonesia selalu meraih kemenangan dan hanya sekali kebobolan.

21 November 2010: Indonesia 6-0 Timor Leste
12 November 2012: Indonesia 1-0 Timor Leste
11 November 2014: Indonesia 4-0 Timor Leste
13 November 2018: Indonesia 3-1 Timor Leste

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait