Diterjang Badai Covid, Timnas Indonesia Batal Ikuti Piala AFF U-23

  • Arry
  • 11 Feb 2022 07:41
Timnas U-23 Indonesia batal ikut turnamen Piala AFF U-23 di Kamboja(@pssi/twitter)

Timnas Indonesia batal mengikuti Piala AFF U-23 2022. Badai Covid-19 menjadi alasan skuat Garuda Muda ini berjuang di turnamen yang akan digelar di Kamboja pada 14-26 Februari 2022.

Dilansir dari laman PSSI, saat ini tujuh pemain dan 1 ofisial positif Covid-19. Mereka adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain itu ada empat pemain yang harus isolasi lantaran satu kamar dengan pemain yang terpapar Covid-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Selain itu, tiga pemain Timnas Indonesia juga mengalami cedera yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Cedera itu dialami saat mereka membela klubnya di BRI Liga 1.

Dengan kondisi seperti itu, saat ini Timnas Indonesia hanya memiliki satu pemain yang sehat yakni kiper Muhammad Riyandi. Namun, Riyandi pun belum menjalani latihan lantaran baru sembuh dari Covid-19.

Pelatih Shin Tae Yong pusing dengan kondisi ini. Pelatih asal Korea Selatan itu mengusulkan agar PSSI membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23.

Permintaan itu dibahas dalam rapat yang dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan Shin Tae Yong.

Hasilnya?

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Yunus juga menyampaikan permintaan maaf kepada pemerintah dalam hal ini Kemenpora yang telah banyak membantu PSSI terkait pemusatan latihan pemain.

PSSI juga meminta maaf kepada pemilik turnamen, yakni AFF dan maskapai Garuda Indonesia yang rencananya ikut mendukung perjuangan pemain dengan menyediakan pesawat untuk menerbangkan ke Phnom Penh, Kamboja.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait