Jokowi Bagi Bonus Atlet Olimpiade, Greysia/Apriyani Dapat Rp5,5 M

  • Arry
  • 13 Agt 2021 17:00
Presiden Joko Widodo membagikan bonus ke atlet Olimpiade RI, Greysia/Apriyani menerima Rp5,5 miliar #4(@setkabgoid/twitter)

Presiden Joko Widodo resmi menerima kontingan Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Tak hanya itu, Presiden juga memberikan bonus bagi atlet yang meraih prestasi di Tokyo.

Acara penerimaan atlet ini digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 13 Agustus 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengaku bersyukur 28 atlet dan 26 official telah kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat setelah hampir satu bulan lebih berada di negeri Sakura.

"Saya beserta rakyat sangat bangga atas perjuangan atas kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih," kata Jokowi.

Dalam Olimpiade Toyo 2020, Indonesia meraih satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu. Medali emas dipersembahkan ganda putri bulutangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Sementara medali perak diraih lifter Eko Yuli Irawan. Dan tiga medali perunggu masing-masing diraih Anthony Sinisuka Ginting dari cabang bulutangkis, dan Windy Cantika Aisah serta Rahmat Erwin Abdullah dari cabang angkat besi.

"Saya ingin mengucapkan sekali lagi terima kasih kepada peraih medali emas, perunggu, dan perak dan terima kasih kepada seluruh atlet, para pelatih, official, pendamping dan juga chief de mission, duta besar RI untuk Kerajaan Jepang," jelasnya.

Secara khusus, kepala negara juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pasangan ganda putri bulutangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang berhasil melanjutkan tren raihan medali emas dalam ajang olimpiade untuk cabang bulu tangkis.

"Ini melanjutkan tradisi medali emas di Olimpiade dari cabang bulu tangkis," kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi berupa bonus. Peraih medali emas mendapatkan bonus tertinggi hingga mencapai Rp 5,5 miliar.

"Apakah perlu saya sebut [angkanya]? Karena situasi pandemi, tapi enggak apa-apa saya sebut. Jadi untuk peraih medali emas, Rp 5,5 miliar," kata Jokowi.

Adapun untuk peraih medali perak akan mendapatkan bonus senilai Rp 2,5 miliar. Sementara untuk peraih medali perunggu, juga mendapatkan bonus sebesar Rp 1,5 miliar.

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih, kemudian para atlet non peraih medali juga diberikan. Cukup gede, tapi enggak usah saya sebut," jelasnya.

"Semoga prestasi ini bisa menjadi inspirasi dan teladan bagi para atlet dan semuanya agar bisa memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara," tutur Presiden Jokowi.

Ke-28 atlet yang turun di Olimpiade Tokyo tersebut adalah Eko Yuli Irawan, Deni, Rahmat Erwin Abdullah, Windy Cantika Aisah, dan Nurul Akmal yang turun di cabor angkat besi. Kemudian, Lalu Muhammad Zohri dan Alvin Tehupeiory di cabor atletik.

Selanjutnya, di cabor bulu tangkis adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Gregoria Mariska Tunjung, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Praveen Jordan, dan Melati Daeva Oktavianti.

Sedangkan, di cabor dayung yaitu Mutiara Rahma Putri dan Melani Putri serta di cabor menembak yaitu Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba. Cabor selanjutnya adalah panahan, yang menurunkan Diananda Choirunisa, Riau Ega Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastayadi. Cabor renang yaitu Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani serta cabor selancar diperkuat oleh Rio Waida.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Menpora Zainuddin Amali, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 Rosan P. Roeslani yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna, dan perwakilan para atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait