Grup D Piala Dunia: Prancis Hapus Kutukan Lolos ke 16 Besar, Australia Buka Peluang

  • Arry
  • 27 Nov 2022 08:11
Piala Dunia 2022: Prancis vs Denmark 2-1, Prancis menjadi tim pertama lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022(@fifaworldcup/twitter)

Timnas Prancis memastikan diri sebagai negara pertama yang lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022. Sementara itu Australia buka peluang lolos ke fase gugur.

Tiket 16 Besar Prancis diraih usai mengalahkan Denmark 2-1. Duel Prancis vs Denmark dalam laga kedua Grup D Piala Dunia digelar di Stadium 947, Doha, Sabtu, 26 November 2022 malam WIB.

Prancis tampil agresif sejak babak pertama dimulai. Namun beberapa peluang yang dihasilkan Kylian Mbappe, Ousmaen Dembele, dan Olivier Giroud gagal menembus gawang Denmark.

    Piala Dunia 2022: Prancis vs Denmark 2-1, Prancis menjadi tim pertama lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Babak pertama Prancis vs Denmark berakhir dengan skor 0-0.

Pada babak kedua, Denmark mencoba menyaingi permainan Prancis dengan memasukkan Martin Braithwaite. Meski demikian, Les Blues masih masih mendominasi permainan.

Baca juga
Piala Dunia 2022: Prancis Bantai Australia, Meksiko vs Polandia Imbang

Upaya Prancis mencetak gol akhirnya tercapai pada menit ke-61. Mbappe berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Gol bermula dari serangan yang dibangun Theo Fernandez. Umpan pendek dari Theo ke Mbappe langsung diteruskan ke gawang Denmark yang dikawal Kasper Schmeichel.

Selang tujuh menit, Andreas Christensen menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol bermula dari tendakan sudut yang dikirim Eriksen dibelokkan Joachim Andersen ke depan gawang Prancis. Bola dengan mudah ditanduk Andreas Christensen untuk menjebol gawang Prancis.

Gol kemenangan Prancis lahir di menit ke-86. Mbappe kembali mencatatkan namanya di papan skor. Pemain PSG itu memanfaatkan umpan dari Antoine Griezmann.

Upaya Denmark membalas gol tersebut gagal hingga pertandingan usai. Duel Prancis vs Denmark pun berakhir dengan skor 2-1.

Hasil ini membuat Prancis menjadi tim pertama lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Selain itu, Prancis juga menghapus kutukan juara bertahan Piala Dunia yang selalu gagal menembus fase gugur di edisi selanjutnya.

Pada pertandingan lain, Australia berhasil mengalahkan Tunisia 1-0. Pertandingan Tunisia Vs Australia dimainkan di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Sabtu, 26 November 2022.

Australia yang membutuhkan kemenangan, langsung tampil menyerang sejak awal babak pertama. Upaya Australia berbuah hasil di menit ke-23.

Aksi Craig Goodwin dari sayap kiri langsung mengirimkan umpan ke tengah lapangan. Di depan gawang sana sudah ada Mitchell Duke yang kemudian menanduk operan tersebut. Australia vs Tunisia 1-0.

Skor 1-0 untuk keunggulan Australia ini bertahan hingga babak pertama usai.

    Piala Dunia 2022: Tunisia vs Australia 0-1

Pada babak kedua, Tunisia mencoba bangkit. Namun aksi ciamik kiper Australia Mathew Ryan berhasil mematahkan beberapa peluang emas dari Tunisia.

Upaya Tunisia menyamakan skor pun kandas meski wasit memberikan enam menit injury time. Australia vs Tunisia berakhir 1-0.

    Klasemen Grup D Piala Dunia 2022

Dengan hasil ini Prancis berada di puncak klasemen dengan nilai 6 dari dua pertandingan. Sementara Australia di urutan kedua dengan nilai 3. Sedangkan Denmark dan Tunisia di urutan tiga dan empat dengan raihan 1 poin.

Pertandingan penentuan Grup D Piala Dunia akan digelar pada 30 November 2022. Australia akan memperebutkan tiket 16 besar terakhir dari grup ini saat melawan Denmark. Sementara Tunisia akan menghadapi Prancis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait