BWF World Tour Final: Ginting Tantang Viktor Axelsen, The Daddies Kontra Wakil China

  • Arry
  • 11 Des 2022 10:27
Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen(bwf badminton/bwfbadminton.com)

Dua wakil Indonesia tampil di babak final BWF World Tour Finals 2022. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan ganda putra, Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan.

Di partai final, Ginting akan menantang pemain nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen. Sementara The Daddies akan melawan wakil China, Liu Yu Chen-Ou Xuan Yi.

Rangkaian babak Final BWF World Tour Finals 2022 akan berlangsung di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Minggu, 11 Desember 2022. Pertandingan dimulai pukul 13.00 WIB.

Anthony Ginting melaju ke final usai mengalahkan rekannya sesama pemain Indonesia, Jonatan Christie. Ginting emnang dalam rubber game 21-15, 11-21, 21-18.

Sementara itu Viktor Axelsen masuk final usai mengalahkan tunggal putra Jepang, Kodai Naraoka, juga dengan rubber game, 21-23, 21-19, 21-18.

Duel Ginting vs Axelsen kali ini adalah pertemuan ke-15 mereka. Axelsen unggul 10-4 atas Ginting. Bahkan dalam tahun ini, Ginting belum pernah mengalahkan jagoan Denmark itu. Kemenangan terakhir Ginting terjadi pada semifinal Indonesia Masters 2020 di mana dia akhirnya menjadi juara.

Menghadapi Axelsen, Ginting menyatakan harus menyiapkan mental dan fokus pertandingan.

"Saya pikir mental, fokus, dan strategi, maksud saya tidak mudah (situasinya) di lapangan karena perang strategi antara saya dan lawan saya," ujarnya.

"Saya harus tetap fokus dengan strategi saya dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan," ujarnya.

Sementara itu pasangan Ahsan-Hendra melaju ke final usai mengalahwan wakil Malaysia, Ong Yew Sin-Teo Ee Yi dalam pertarungan rubber game, 17-21, 21-13, 21-19.

The Daddies akan melawan Liu Yu Chen-Ou Xuan Yi. Ganda asal China itu berhasil mengaggalkan terjadinya All Indonesian Final usai mengalahkan Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto. Liu-Ou menang 22-20, 11-21, 21-19.

The Daddies belum pernah menang melawan Liu-Ou dalam dua pertandingan yang sudah dilakoni. Kekalahan terakhir Ahsan-enda terjadi beberapa hari lalu di babak penyisihan grup BWF World Tour Final 2022.

"Pastinya mau juara di turnamen penutup ini," kata Hendra dalam rilis PBSI.

"Tahun ini kami belum juara padahal sudah ke final empat kali sebelum ini."

Jadwal final BWF WOrld Tour Finals 2022:

  • WS: Akane Yamaguchi (Jepang) vs Tai Tzu Ying (Taiwan)
  • MD: Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan (Indonesia) vs Liu Yu Chen-Ou Xuan Yi (China)
  • WD: Benyapa Aimsaard-Nuntakarn Aimsaard (Thailand) vs Chen Qing Chen-Jia Yi Fan (China)
  • MS: Viktor Axelsen (Denmark) vs Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)
  • XD: Zheng Si Wei-Huang Ya Qiong (China) vs Dechapol Puavaranukroh-Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait