Indonesia vs Thailand: 7 Gol, 11 Kartu Kuning, 6 Kartu Merah, 2 Orang Berdarah

  • Arry
  • 17 Mei 2023 06:42
Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 usai mengalahkan Thailand 5-2 dalam pertandingan panas dan penuh drama(pssi/pssi.org)

Indonesia berhasil meraih medali emas sepak bola SEA Games 2023. Di partai final Skuat Garuda mengalahkan Thailand 5-2 dalam pertandingan berlangsung panas dan dramatis.

Partai final SEA Games Indonesia vs Thailand dihelat di National Olympic Stadium, Selasa, 16 Mei 2023 malam WIB. Selain hujan gol, pertandingan ini juga terjadi banjir kartu dan tumpahan darah.

Pada laga ini, Indonesia unggul dua gol terlebih dahulu lewat brace Ramadhan Sananta di babak pertama. Namun Thailand membalas dua gol di babak kedua lewat Anan Yodsangwal pada menit ke-64 dan Yotsakon Burapha di menit akhir injury time.

Di masa extra time 2X15 menit, Indonesia menambah tiga gol lewat Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rachman, dan Beckham Putra. Indonesia pun menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2 atas Thailand.

Baca juga
Akhiri Puasa 32 Tahun, Indonesia Raih Emas Sepak Bola SEA Games

Kemenangan ini membuat Indonesia menuntaskan dahaga 32 tahun tak meraih medali emas SEA Games. Terakhir kali Indonesia meraih medali emas sepak bola terjadi pada SEA Games 1991.

Pertandingan yang dipimpin wasit Matar Ali Al-Hatmi ini tak hanya banjir gol. Tetapi juga hujan kartu kuning dan tumpahan darah.

Tercatat ada dua kali keributan antarpemain dan official kedua tim. Keributan pertama terjadi usai Thailand menyamakan skor menjadi 2-2 di penghujung babak kedua. Keributan kedua terjadi sesaat setelah gol Irfan Jauhari di masa extra time.

Total wasit harus mengeluarkan 11 kartu kuning dan enam kartu merah. Rinciannya, Indonesia menerima empat kartu kuning dan satu kartu merah yakni untuk Komang Teguh.

Baca juga
RI Raih Emas Sepak Bola SEA Games: Jokowi Ucapkan Selamat, Akui Sempat Kena Prank

Sementara Thailand menerima tujuh kartu kuning dan lima kartu merah. Pemain Thailand yang dikeluarkan wasit adalah Soponwit Rakyart, Jonathan Kemdee, dan Teerasak Poeiphimai. Dua nama terakhir menerima kartu merah usai dua kali diganjar kartu kuning.

Selain itu, dua ofisial Thailand yang terlibat keributan juga diusir wasit.

Akibat keributan itu, manajer tim Indonesia sempat terluka usai didorong salah satu anggota tim Thailand. Selain itu, bibir bek Indonesia Bagas Kaffa juga harus mengeluarkan darah usai disikut pemain Thailand saat pertandingan.

Artikel lainnya: 6 Kota di Indonesia yang Miliki Kuliner Lokal Terbaik Versi Taste Atlas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait