Klasemen Akhir Medali SEA Games usai RI Raih Emas Bola dan Borong Emas Badminton

  • Arry
  • 17 Mei 2023 12:49
Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023(@pssi/twitter)

Perhelatan SEA Games 2023 rampung sudah. Medali emas terakhir SEA Games diraih oleh Indonesia dalam cabang sepak bola.

Indonesia menggondol medali emas sepak bola usai mengalahkan Thailand di partai final pada Selasa, 16 Mei 2023. Skuat Garuda menang 5-2 atas Gajah Perang.

Selain itu, Indonesia juga memborong medali emas di cabang bulu tangkis. Indonesia merebut empat medali emas di cabang bulu tangkis pada partai final perseorangan.

Medali emas disumbang ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto-Lisa Ayu Kusumawati, ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi-Febriana Dwipuji Kusuma, ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan-Pramudya Kusumawardana, dan tunggal putra Christian Adinata.

Baca juga
Indonesia vs Thailand: 7 Gol, 11 Kartu Kuning, 6 Kartu Merah, 2 Orang Berdarah

Total Indonesia mengoleksi lima medali emas di cabang badminton ini setelah sebelumnya tim beregu putra Indonesia juga meraih medali emas.

Medali emas Indonesia juga bertambah dari Randa Riandesta menjadi yang terbaik di kelas 79kg putra gaya bebas cabang olahraga gulat, dan Aero Sutan Aswar menyumbang emas satu-satunya dari cabang olahraga jet ski.

Selain itu, tim voli pantai Indonesia juga meraih emas usai mengalahkan Thailand di laga final, serta dua atlet kick boxing Diandra Ariesta Pieter di nomor Kick Light 54kg Putri dan Toni Hutapea di nomor Full Contact 54kg putri.

Dengan raihan tersebut, Indonesia menutup SEA Games 2023 dengan nangkring di peringkat ketiga. Indonesia mengoleksi 275 medali dengan rincian 87 emas, 79 perak, dan 109 perunggu.

Baca juga
Final SEA Games Indonesia vs Thailand: Misi Rebut Emas Setelah 32 Tahun

Sementara itu, Vietnam menjadi juara umum dengan mengoleksi 354 medali dengan rincian 136 emas, 105 perak, dan 113 perunggu. Sedangkan di tempat kedua ditempati Thailand dengan meraup 311 medali dengan rincian 107 emas, 96 perak, dan 108 perunggu.

Prestasi Indonesia di SEA Games edisi kali ini sama dengan yang didapat pada SEA Games Vietnam dua tahun lalu yakni di peringkat ketiga. Namun, raihan medali Indonesia jauh meningkat. Sebelumnya hanya 69 emas, kini menjadi 87 emas.

Berikut klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2023:

    Klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2023 (cambodia2023.com)

Artikel lainnya: War Tiket Dimulai Pukul 10.00 WIB: Ini Link dan Cara Beli Tiket Coldplay Via BCA

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait